Plt Ditjen Hubdat Serahkan Penghargaan MENPANRB Kepada Anak Buahnya
Senin, 28 April 2025, 20:55 WIB
BISNISNEWS.id - Plt Direktur Jenderal Perhubungan Darat A.Yani secara simbolik menyerahkan penghargaan kepada Pengawas Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Patria Blitar dan Terminal Tipe A Leuwipanjang Bandung, Senin (28/4/2025) di kantor pusat Kementerian Perhubungan, Jakarta.
Penghargaan sebagai Penyelenggara Pelayanan Publik Ramah Kelompok Rentan Terbaik Tahun 2024 tersebut diberikan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).
"Saya ucapkan terima kasih kepada para pengawas satuan pelayanan Terminal Blitar dan Terminal Leuwipanjang atas dedikasinya sehingga mendapatkan penghargaan dari Kementerian PANRB. Ini merupakan hal yang membanggakan," ungkap Plt Dirjen Hubdat, Ahmad Yani saat menyampaikan sambutannya.
Sebagai informasi, Kemenhub merupakan salah satu kementerian yang ditunjuk oleh Kementerian PANRB sebagai percontohan penerapan sarana dan prasarana yang ramah disabilitas dalam penyelenggaraan pelayanan publik.
Yani menyatakan sejak tahun 2020, Ditjen Hubdat secara masif menggaungkan pentingnya sarana prasarana secara inklusif yang ramah kelompok rentan dan menghasilkan Unit Pelaksana Teknis yang ramah kelompok rentan pada setiap tahunnya.
Hal ini sejalan dengan amanat Undang - Undang No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik yang mewajibkan perlakuan khusus bagi kelompok rentan dalam bentuk penyediaan sarana dan prasarana dalam penyelenggaraan pelayanan publik.
Kelompok rentan yang dimaksud ialah lanjut usia (lansia), anak-anak, Ibu menyusui, wanita hamil, disabilitas, dan korban bencana alam/sosial.
Sejumlah sarana dan prasarana yang wajib dipenuhi dalam penyelenggaraan pelayanan publik yang ramah kelompok rentan di antaranya penyediaan kursi roda/tongkat/krek, pintu masuk yang mudah diakses, jalan landai dengan pegangan rambat, lift khusus kelompok rentan dilengkapi huruf braile, selasar yang menghubungkan semua ruang, toilet khusus kelompok rentan, loket khusus kelompok rentan, ruang tunggu khusus kelompok rentan, guiding block khusus kelompok rentan, parkir khusus kelompok rentan yang mudah diakses, alat bantu tuna netra, alat bantu tuna rungu, arena bermain anak, dan ruang laktasi/menyusui.
"Saya berharap hal yang baik ini dapat dipertahankan dan dapat menjadi contoh bagi semua Unit Pelaksana Teknis lainnya khususnya di sektor transportasi darat," jelasnya.(Syam)