UPBU Kalimarau Raih Penghargaan Pelayanan Prima
Rabu, 14 Mei 2025, 21:37 WIB
BISNISNEWS.id - Pusat Pengelolaan Transportasi Berkelanjutan (PPTB), Kementerian Perhubungan menganugerahkan Pelayanan Prima Utama kepada Kantor Badan Layanan Umum Unit Penyelenggara Bandar Udara (BLU UPBU) Kalimarau di Kabupaten Berau, pada Rabu (14/5/2025) di Jakarta.
Penghargaan ini diberikan berdasarkan hasil evaluasi menyeluruh terhadap enam aspek pelayanan, sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 49 Tahun 2018, yaitu: kebijakan pelayanan, profesionalisme Sumber Daya Manusia, sarana dan prasarana, informasi pelayanan publik, konsultasi dan pengaduan, serta inovasi pelayanan.
Penilaian dilakukan oleh tim juri independen yang terdiri dari para akademisi, praktisi pelayanan publik, serta pakar di bidang transportasi. Penghargaan ini menjadi yang ketiga kalinya bagi UPBU Kalimarau setelah sebelumnya diterima pada tahun 2016 dan 2018.
Prestasi ini juga memperkuat rekam jejak UPBU Kalimarau yang hingga saat ini telah meraih total 15 penghargaan selama masa kepemimpinan Ferdinan Nurdin sebagai Kepala Bandar Udara, terhitung sejak tahun 2023 hingga 2025. Saat ini, Ferdinan menjabat sebagai Kepala Otoritas Bandar Udara Wilayah VII Balikpapan, dan turut hadir menerima penghargaan atas capaian tersebut.
“Pelayanan publik harus dapat diakses dan dirasakan oleh seluruh masyarakat, termasuk kelompok rentan. Penghargaan ini adalah wujud sinergi dan dedikasi seluruh tim dalam memberikan pelayanan terbaik yang profesional, efektif, dan transparan,” ujar Ferdinan.
Ia menambahkan bahwa pencapaian ini merupakan hasil dari kerja sama dan kolaborasi antara tim internal UPBU Kalimarau serta mitra eksternal, termasuk maskapai, pemda, dan komunitas bandara.
“Dengan atau tanpa penghargaan, kami tetap berkomitmen menjaga kualitas pelayanan demi kepuasan dan kenyamanan masyarakat Berau dan sekitarnya,” kata Ferdinan.
Selain UPBU Kalimarau, sejumlah satuan kerja di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara juga turut memperoleh penghargaan atas kinerja pelayanan publiknya. Untuk kategori Pelayanan Prima Madya, predikat ini diraih oleh Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara, Balai Kesehatan Penerbangan, Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah IV Bali, UPBU Kelas I Aji Pangeran Tumenggung Pranoto di Kota Samarinda, UPBU Kelas I Haluoleo - Kendari, UPBU Kelas I Domine Eduard Osok - Sorong dan UPBU Kelas III Kuabang - Kao.
Sementara itu, untuk kategori Pelayanan Prima Pratama, predikat diraih oleh UPBU Kelas III Sultan Muhammad Kaharuddin - Sumbawa dan UPBU Kelas I Mutiara Sis Al-Jufri - Palu.
Direktorat Jenderal Perhubungan Udara menyampaikan apresiasi atas penghargaan yang telah diraih oleh satuan kerja yang mengikuti penilaian tersebut, dan diharapkan dapat menjadi motivasi bagi seluruh unit pelayanan publik transportasi udara di Indonesia untuk membangun pelayanan transportasi udara yang semakin profesional, responsif, dan inklusif di seluruh wilayah Indonesia. (Syam)