Indek Pelayanan Jamaah Haji Di Tanah Suci 2019 Naik Menjadi 85,91
Kamis, 17 Oktober 2019, 19:28 WIBBisnisNews.id -- Indeks kepuasan pelayanan jemaah haji Indonesia (IKJHI) di Arab Saudi pada musim haji tahun 1440 H/2019 M sebesar 85,91. Secara umum, jemaah haji Indonesia telah menerima semua pelayanan yang diberikan oleh pemerintah secara “sangat memuaskan”. Para jamaah haji Indonesia selama di Tanah Suci berhasil dilayani dengan baik dan cukup memuaskan.
"Indeks kepuasaan pelayanan jemaah haji naik sebesar 0,68 dibandingkan dengan tahun 2018," kata Kepala BPS K.Suhariyanto bersama Menag RI Lukman Hakim Staifudin di Jakarta, Kamis (17/10/2019).
Bila dirinci menurut jenis pelayanan, kata Suhariyanto, indeks kepuasan tertinggi terdapat pada pelayanan transportasi bus shalawat, yaitu sebesar 88,05;. Kemudian berturut-turut adalah pelayanan ibadah 87,77; pelayanan katering non Armuzna 87,72; pelayanan petugas 87,66; pelayanan bus antar kota 87,35; pelayanan akomodasi hotel 87,21.
Sementara pelayanan lain-lain 85,41; pelayanan katering di Armuzna 84,48; pelayanan transportasi bus Armuzna 80,37; dan pelayanan tenda di Armuzna 76,92.
Berdasarkan lokasi tempat pelayanan, Indeks kepuasan jemaah tertinggi terdapat pada pelayanan yang dilakukan selama di bandara, yaitu sebesar 87,94. Berikutnya secara berturut-turut pelayanan di Makkah 87,89; pelayanan di Madinah 86,44; dan pelayanan di Armuzna 82,57.(helmi)