AP I Bebaskan Biaya Pendaratan dan Potongan 50 Persen, Berikut Penjelasannya ....
Rabu, 21 Februari 2018, 13:21 WIBBisnisnaws.id - PT. Angkasa Pura I tahun ini akan mengusung tiga program pemasaran strategis dan kegiatan terkait customer relationship management. Berupa insentif untuk maskapai, Collaborative Destination Development (CDD) dan integrated marketing campaign.
Program insentif yang ditawarkan kepada maskapai berupa pembebasan biaya pendaratan (landing fee) bagi rute atau penerbangan baru di Bandara Pattimura Ambon, Bandara Frans Kaisiepo Biak, dan Bandara El Tari Kupang selama enam bulan.
Maskapai juga dijanjikan potongan 50 persen biaya pendaratan bagi rute atau penerbangan baru pada sejumlah bandara. Yakni Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Bandara Juanda Surabaya, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Bandara Sam Ratulangi Manado, Bandara Lombok Praya, Bandara Adi Soemarmo Solo, dan Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin selama enam bulan.
Sedangkan program CDD tahun 2018 ini akan dilakukan di 10 kota, yaitu Solo, Balikpapan, Biak, Ambon, Lombok, Surabaya, Makassar, Manado, Banjarmasin, dan Kupang.
CDD merupakan forum diskusi yang nantinya melibatkan seluruh pemangku kepentingan (stakeholder) dalam industri penerbangan dan pariwisata di daerah.
Kegiatam ini nantinya dilakukan dalam tiga fase. Fashe pertama membangun awareness industri pariwisata, fase kedua untuk mengumpulkan dan mengaktifkan kolaborasi dan partisipasi para stakeholder, dan fase terakhir untuk melakukan strategi hardselling dan pengembangan aksi lanjut.
Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi mejelaskan, program itu diharapkan dapat membantu maskapai dalam mengembangkan bisnisnya. Terutama untuk pembukaan rute-rute baru dan penambahan frekuensi penerbangan.
"Ini merupakan cara Angkasa Pura I dalam berkontribusi memajukan industri aviasi nasional, mendorong peningkatan lalu lintas transportasi udara, mengoptimalkan kinerja bandara, sekaligus memberikan alternatif pilihan jadwal penerbangan bagi masyarakat,” kata Faik, Rabu (21/2/2018) di sela-sela acara 'Airports-Airlines Gathering 2018' di Hotel Borkbudur Jakarta.
TerkaIt program CDD, Direktur Pemasaran dan Pelayanan Angkasa Pura I Devy Suradji menambahkan, melalui diskusi itu akan diterima masukan-masukan untuk sama-sama melakukan pengembangan
"Program insentif lainnya untuk maskapai berupa pembebasan biaya promosi maskapai di bandara selama satu bulan penuh, pembebasan biaya inaugurasi pembukaan rute baru di bandara, dan insentif untuk menstimulus pertumbuhan penumpang,” tambahnya.
Selain itu, Angkasa Pura I juga menyelenggarakan kampanye terintegrasi dengan aktivitas global (integrated marketing campaign) untuk meningkatkan exposure di tengah penyelenggaraan kegiatan-kegiatan global.
Kegiatam bear yang berlangsung nantinya berupa IMF-World Bank Annual Meeting di Bali pada Oktober 2018, International Council of Woman (ICW) General Assembly di Yogyakarta (September 2018), Torch Relay Asian Games 2018 di Yogyakarta-Solo-Semarang (Agustus 2018), Earth Day 2018 di Balikpapan (22 April 2018), serta Earth Hour 2018 di 13 bandara Angkasa Pura I pada Maret 2018. (Syam S)