Arus Penumpang di Seluruh Bandara AP II Naik 12,6 Persen.
Sabtu, 12 November 2016, 14:06 WIBBisnisnews.id-Jumlah penumpang pada seluruh bandara di bawah PT Angkasa Pura II pada periode Januari-Oktober 2016 tercatat sekitar 77,66 juta penumpang atau meningkat 12,6 persen dibanding periode yang sama tahun lalu yakni 68,96 juta penumpang.
Hingga akhir tahun diperkirakan jumlah penumpang mencapai 93,23 juta penumpang atau naik 11 persen dibandingkan Januari - Desember 2015 sebanyak 84,29 juta penumpang.
Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, kenaikan jumlah penumpang itu menandakan semakin membaiknya perekonomian masyarakat. Hal ini terihat semakin tingginya tingkat perjalanan dengan angkutan udara.
"Peningkatan ini juga dapat dilihat dengan dibukanya rute-rute baru. Baik itu internasional maupun domestik melalui bandara yang dikelola AP II. Pada tahun ini juga beberapa maskapai juga mengganti pesawat berbadan sedang atau narrow body menjadi berbadan lebar atau wide body sehingga kapasitas meningkat," kata Awaludin, dalam keterangan tertulisnya Sabtu (12/11/2016) di Jakarta.
Salah satu bentuk peningkatan pelayanan di bandara-bandara, AP II berkomitmen menampilkan kearifan lokal dipadu dengan teknologi informasi terkini sebagai bagian peningkatan kepada penumpang pesawat.
" Saat ini AP II sedang melakukan transformasi bisnis salah satunya dengan menggenjot pembangunan infrastruktur fisik dan lunak. Soft infrastructure itu adalah teknologi informasi dalam rangka menunjang smart airport di bandara-bandara," jelasnya.
PARIWISATA
Chief of Air Traffic & Tourism Development PT Angkasa Pura II, Rosita Kurniawati mengatakan, perseroan berperan aktif dalam mengembangkan industri pariwisata nasional melalui penandatanganan nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) dengan Kementerian Pariwisata.
PT Angkasa Pura II dan Kementerian Pariwisata akan bersinergi memperkenalkan pariwisata nasional ke dunia internasional serta meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara ke Indonesia.
" Sebagai bagian dari promosi bersama Kementerian Pariwisata, AP II juga akan mencantumkan logo Wonderful Indonesia serta menampilkan video dan foto milik Kementerian Pariwisata di seluruh bandara yang dikelola perusahaan. Di samping itu, AP II juga akan ikut berpartisipasi dalam setiap event internasional dan kegiatan-kegiatan lainnya," jelasnya.