Bangun Transportasi Umum Yang Baik, Sejumlah Program Dilakukan Ditjen Hubdat
Minggu, 26 Januari 2020, 08:09 WIBBisnisNews.id -- Ditjen Perhubungan Darat (Hubdat), Kemenhub tengah melakukan upaya-uapaya peningkatan aspek keselamatan dan pelayanan angkutan jalan. Beragam upaya dilakukan Ditjen Hubdat untuk membangun dan menciptakan layanan angkutan darat baik orang atau barang yang baik, nyaman dan kompetetif.
Upaya yang dilakukan Ditjen Hubdat diantaranya yaitu : penerapan kebijakan DIPASS e-ticketing. Ke depan, layanan tiket bus AKAP/AKDP akan sama dengan kereta api bahkan pesawat terbang.
"Ke depan, calon penumpang bus AKAP/AKDP dapat dengan mudah mendapatkan tiket bus karena pelayanan sudah berbasis informasi digital dengan harga yang kompetitif," kata Dirjen Hubdat Budi Setiyadi di Jakarta.
Lalu, kata Dirjen Budi, penerapan kebijakan e-logbook sekaligus sertifikasi pengemudi angkutan umum, hal ini diharapkan dengan adanya program ini dapat menjawab permasalahan diatas. "Selanjutnya meningkatkan keperduliaan perusahaan dalam peningkatan kompetensi dan profesionalisme pengemudi angkutan umum," jelas Dirjen Budi lagi.
Kemudian, Penerapan kebijakan Terminal Online System (TOS). Sehingga semua operator Bus tidak lagi menaikkan dan menurunkan penumpang di pool dan terminal bayangan, dan menerbitkan Surat Edaran tentang Seragam Awak Kendaraan Angkutan Orang dan Angkutan Barang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Di Jalan.
Bukan hanya itu, Ditjen Hubdat juga melakukan pengawasan dan penindakan serta menerbitkan SK Dirjen Tentang Rencana Aksi Pelanggaran Dimensi dan Pelanggaran Muatan Lebih pada Kendaraan Bermotor Tahun 2019 Sampai Dengan Tahun 2021.
Kemudian menerbitkan PM Nomor 60 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Angkutan Barang Dengan Kendaraan Bermotor di Jalan yang kedepannya diharapkan Perusahaan dan Pengemudi Angkutan Barang dapat mematuhi aturan serta menciptakan kendaraan yang berkeselamatan, keamanan, kenyamanan baik pengemudi ataupun pengguna jalan lain.(elm/helmi)