Batik Air Dukung Program Pariwisata di 40 Destinasi
Jumat, 06 April 2018, 16:59 WIBBisnisnews.id - Maskapai Batik Air (Lion Group) mendukung program wisata untuk mendatangkan 17 Wisatawan mancanegara ke Indonesia dengan membuka akses penerbangan ke 40 destinasi wisata melalui bandara Halim Perdanakusuma Jakarta dan Soekarno–Hatta Cengkaeng.
Lion group juga membuka akses penerbangannya dari kota besar ke daerah-daerah terpencil yang memiliki potensi wisata melaui pelayanan penerbangan Wings Air dari Lombok tujuan Bima, Denpasar, Semarang, Surakarta dan Sumbawa Besar.
Jumlah wisatawan Lombok-Sumbawa pada 2017 mencapai 3,5 juta wisatawan atau meningkat 14 persen dibandingkan 2016 yaitu tiga juta wisatawan.
Sedangkan pergerakan penumpang domestik dan internasional di Bandar Udara Lombok Praya pada 2017 tercatat 3,58 juta penumpang atau tumbuh 4,92 persenndibandingkan pada tahun sebelumnya yang mencapai 3,42 juta penumpang.
Para turis yang datang dari beberapa daerah dan luar negeri menggunakan dapat langsung dilayani Lion Air Group (Lion Air, Wings Air, Malindo Air, Thai Lion Air dan Batik Air) untuk melanjutkan perjalanan menuju Pulau Lombok.
Lombok dengan destinasi Mandalika masuk dalam deretan program pemerintah sebagai pengembangan prioritas 10 Bali Baru. Mandalika yang dikenal dengan wisata bahari dapat ditempuh satu jam perjalanan dari Lombok Praya dan 30 menit berkendara dari pusat kota Lombok.
Maskapai yang telah mengantongi sertifikat IATA Operational Safety Audit (IOSA) itu melayani penerbangan ke 40 destinasi domestik dan internasional dengan frekuensi mencapai lebih dari 280 penerbangan perhari. Didukung 54 pesawat, bertipe Airbus A320 CEO dan Boeing 737-800/900 ER.
PT Angkasa ura I sendiri saat ini melakukan peningkatkan fasilitas pelayanan di Lombok Internasional Airport (LIA). Antara lain perluasan landas parkir (apron) timur dan barat yang dapat menampung empat pesawat berbadan lebar (wide body), penataan drop dan pick up zone, penataan lantai tiga gedung terminal menjadi ruang tunggu keberangkatan, serta penambahan dua garbarata dan perpanjangan koridor terminal menuju parking stand.
Pada 2017 sudah dilakukan beautifikasi di area terminal untuk meningkatkan kenyamanan penumpang seperti pembenahan toilet, smoking area dan penataan taman landscape. (Syam S)