BP Batam dan Bank Mandiri Fasilitasi Transaksi Online
Selasa, 29 November 2016, 12:54 WIBBisnisnews.id - Badan Pengusahaan (BP) Batam gandeng Bank Mandiri untuk memberikan kemudahan layanan kepada seluruh pengguna jasa dan perusahaan pelayaran yang masuk ke kawasan Batam.
Deputi Bidang Pengusahaan Sarana Usaha BP Batam Eko Santoso Budianto mengatakan, kelancaran layanan menjadi sangat penting bagi oengguna jasa u tuk menekan biaya operasi.
" Ini adalah solusi bagi perusahaan pelayaran dalam bertransaksi untuk seluruh kegiatan hasa kepelabuhanan di perairan Batam," jelasnya.
Bank Mandiri menyiapkan layanan perbankan secara online untuk penerimaan jasa kepelabuhanan dari pengguna jasa yang bersandar di pelabuhan kelolaan BP Batam.
Direktur Digital Banking & Technology Bank Mandiri Rico Usthavia Frans menjelaskan, ini merupakan solusi mengatasi bergam permasalahan transaksi. Yaitu, Autodebit Host to Host atas penerimaan jasa kepelabuhanan dari pengguna jasa yang bersandar di pelabuhan.
Solusi lainnya adalah layanan Bill Payment Host to Host untuk membantu penerimaan BP Batam dari pengguna jasa di bidang pengelolaan lahan, rumah sakit, bandara dan lainnya
"Sinergi ini merupakan implementasi komitmen Bank Mandiri dalam mendukung penciptaan iklim investasi yang kondusif untuk investasi asing dan investasi dalam negeri, terutama di kawasan khusus seperti Batam," tutur Rico.
Layanan perbankan ini, lanjut Rico, diharapkan dapat mendukung bisnis BP Batam dalam banyak hal diantaranya percepatan penerimaan pembayaran, percepatan proses rekonsiliasi data di dalam sistem keuangan BP Batam, hingga peningkatan efisiensi dengan menekan transaksi tunai di pelabuhan, unit pengelolaan lahan dan pengelolaan bidang unit lainnya.
BP Batam sendiri merupakan otoritas yang dibentuk pemerintah dengan tugas dan wewenang melaksanakan pengembangan, pembangunan dan pengelolaan pelabuhan, bandara, rumah sakit dan lahan di kawasan Batam. Adapun jasa kepelabuhanan yang diberikan BP Batam antara lain Jasa Kapal, Bongkar Muat dan Jasa Penumpang.
" Dengan layanan transaksional perbankan yang handal, Bank Mandiri berharap dapat membantu BP Batam meningkatkan nilai investasi di kawasan ekonomi eksklusif ini," ungkap Rico.
Saat ini, layanan transaksional Bank Mandiri untuk BP Batam meliputi Giro, Mandiri Cash Management, Payroll, Bill Payment, KPR dan KTA.
Rico berharap, kerjasama dengan BP Batam tersebut dapat ikut mendorong peningkatan pendapatan perseroan atas jasa perbankan (fee based income). Per Januari - September 2016, pendapatan fee based income perseroan secara bank only tercatat sebesar Rp2,5 triliun, tumbuh sekitar 6% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. (Guntur/Syam)