OTP Garuda Sempat Merosot Hinga Dibawah Angka 60 Persen
Sabtu, 13 Agustus 2016, 03:22 WIBBisnisnews.id--Direktur Layanan Garuda Indonesia, Nicodemus P. Lampe, mengatakan pasca perpindahan pelayanan penerbangan domistik ke terminal 3 bandara Soekarno-Hatta yang baru, tingkat ketepatan waktu atau On Time Performance (OTP) sempat merosot hingga di bawah angka 60 persen.
Namun, kata dia hingga hari keempat pelaksanaan operasional penerbangan di terminal 3, sampai pukul 14.00 WIB tercatat rata-rata 90 persen dengan menerbangkan lebih dari 70 penerbangan domestik dari total rata-rata 130 penerbangan domestik setiap harinya.
"Kami akui memang OTP sempat merosot, hingga 60 persen yaitu pada hati pertama pengoperasian tapi sekarang ini sudah mulai normal yaitu 90 persen," kata Nicodemus, Jumat 12 Agustus 2016 saat memberikan keterangan pers di terminal 3 Bandara Soetta.
Rata-rata OTP Garuda Indonesia dari Terminal 3 hari ini (sampai dengan pukul 14.00 WIB) mencapai 90 persen. Tingkat OTP tersebut meningkat cukup signifikan dibandingkan dengan hari-hari sebelumnya yang berada di bawah angka 60 persen.
" Peningkatan OTP yang terjadi khususnya di pagi hari merupakan peak hours - dimana jadwal penerbangan tiap jamnya sangat padat - merupakan hasil koordinasi intensif antara berbagai pihak dan unit yang terlibat, baik dari Garuda maupun AP II" , ungkap Nicodemus.
Di samping itu, kata dja, pengoperasian gate ke 7, yaitu gate 17 mulai hari ini dapat mengakomodir para penumpang Garuda Indonesia di Terminal 3 secara lebih optimal. Dengan dioperasikannya seluruh gate yang ada, tentunya penumpukan penumpang di gate keberangkatan dapat dihindari.
Dalam rangka memastikan operasional penerbangan di terminal baru berjalan lancar, Garuda Indonesia dan Angkasa Pura II secara intensif berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait termasuk keamanan setempat. Garuda dan AP II juga mengerahkan tim ekstra yang bertugas memonitor aktivitas operasional penerbangan yang berlangsung selama 24 jam.
Selain penugasan tim ekstra di lapangan untuk membantu para penumpang memperoleh informasi penerbangannya, tim pendukung juga ditugaskan untuk mengambil 'quick action' apabila ada permasalahan atau hambatan yang terjadi di lapangan.
Setiap harinya, Garuda Indonesia melayani rata-rata 130 penerbangan domestik melalui Terminal 3, dari total rata-rata 187 penerbangan domestik maupun internasional di Bandara Soekarno-Hatta Jakarta, dengan rata-rata jumlah penumpang domestik pada setiap harinya sekitar 22-25 ribu penumpang.
Terkait penerbangan domestik di terminal 3 ini, Garuda Indonesia mengimbau para penumpang untuk dapat berangkat ke Bandara lebih awal, memperhatikan petunjuk-petunjuk yang ada atau menghubungi petugas bandara untuk kelancaran keberangkatan dan menghindari keterlambatan penerbangan.
Kendati demikan menurut Nicodemus ba ada calon penumpang telat beranhkat akjbat kesemrawutan di terminal Garuda tetap menjamin calon penumpang bisa berangkat tanpa ada biaya tambahan.