Pelindo III Implementasikan Aplikasi Layanan Pelabuhan
Kamis, 01 Februari 2018, 13:33 WIBBisnisnews.id - Pelindo III implementasikan layanan petikemas online . Pengguna jasa dapat mengakses melalui aplikasi home yang telah disediakan.
Aplikasi Home Terminal ini dapat diimplementasikan bertahap mulai 1 Februari 2018 untuk vessel services di TPS dan TTL, Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.
Tahap berikutnya, akan diperluas ke layanan terminal (port services) di seluruh terminal di Tanjung Perak. Kemudian, di bulan April pihak Pelindo III berharap agar penerapannya sudah meningkat hingga layanan logistik sampai ke depo peti kemas dan tahap selanjutnya yakni container management.
Direktur Utama Pelindo III, IG. N. Askhara Danadiputra mengatakan aplikasi Home Terminal ini didukung oleh sejumlah entitas internal dalam grup usaha. Seperti PT Terminal Petikemas Surabaya (TPS), PT Terminal Teluk Lamong (TTL), PT Pelindo Marine Service (PMS), PT Lamong Energi (LEGI), PT Pelindo Energi Logistik (PEL), dan PT Berkah Multi Cargo (BCM).
Dia menyebutkan, ada empat fitur layanan yang terintegrasi dengan sistem operasi terminal (TOS). Yakni, vessel service, port activities, logistics, dan container management. Fitur tersebut juga memungkinkan pengguna jasa memantau pergerakan kapal dan barangnya secara langsung (real-time online).
Selain sisi internal, sejumlah instansi eksternal dari pelaku usaha di pelabuhan juga dilibatkan untuk bersama mengembangkan aplikasi ini, di antaranya yaitu Main Line Operator (MLO), Organda, pengelola depo, consignee, EMKL, freight forwarder, serta perusahaan dan agen pelayaran. (Adhitio)