PTP Operasikan Billing Centre Terminal 1.2 dan 3
Senin, 19 Februari 2018, 13:22 WIBBisnisnews.id - PT Pelabuhan Tanjung Priok (PTP) terus berbenah meningkatkan pelayanannya dengan memodernisasi fasilitas pusat layanan pembayaran jasa kepelabuhanan (billing centre) di terminal 1, terminal 2, dan terminal 3.
Perangkat lunak layanan berbasis IT itu diintegrasikan ke sistem perbankan dan basis data pengguna jasa Pelabuhan Tanjung Priok. Kegiatan transaksi melalui fasilitas billing centre tersebut setiap harinya rata-rata Rp2 milliar.
Direktur Utama PTP Imanudin berharap fasilitas ini dimanfaatkan secara maksimal para pengguna jasa dalam melakukan transaksi. Sistem layanan ini akan memudahkan dan lebih efisien karena pengguna jasa tidak harus datang ke pelabuhan.
Perangkat itu sendiri telah terkoneksi dengan Bank Mandiri, BNI, BCA, dan Bank CIMB Niaga. Proses pembayaran dilakukan secara non tunai (cashless) melalui penggunaan kartu debit di mesin Electronic Data Capture (EDC) bank-bank tersebut. Pembayaran juga bisa dilaksanakan melalui transfer online via ATM.
Proses pembayaran yang lebih cepat dan mudah membuat pelayanan jasa bisa diselesaikan dengan lebih cepat, yakni rata-rata hanya membutuhkan waktu lima menit.
"Billing centre sudah dibangun dan dioperasikan sejak 2015 dan saat ini kami memodernisasi layanan dan teknologinya," kata Imanudin saat meresmikan fasilitas baru billing centre Pelabuhan Tanjung Priok, Senin (19/2/2018), disaksikan Kepala Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok Arif Toha Tjahjagama, General Manager Pelindo II Tanjung Priok Hendro Haryono, Direktur Komersial Pelindo II Saptono RI, dan Direktur Operasi dan Sistem IT Pelindo II Prasetiadi.
Fasilitas baru itu merupakan tindak lanjut penandatanganan nota kesepahaman antara IPC dengan enam bank pada 2016. Keenam bank itu terdiri dari 3 bank BUMN dan tiga bank swasta tentang penyediaan dan pemanfaatan cash management. (Syam S)