Sahattua: "Mengacu Pada Prinsip Good Governance "
Rabu, 05 Oktober 2016, 16:38 WIB
Bisnisnews.id-Menata pola pelayanan melalui reformasi birokrasi dari kompensional ke sistem online yang diterapkan Kantor Syahbandar Utama Pelabuhan Tanjung Priok mendapat sambutan positif para pelaut nggota yang sedang mengurus dokumen.
Seperti perpanjangan buku pelaut, Surat Persetujuan Berlayar ( (SPB), pendaftaran kapal dan sertifikasi kapaL, radio NTR, Marpol dan Surat ukur Kapal. Selain layanan online, kepuasan itu juga terlihat dari tata cara yang dilakukan petugas di ruang pelayanan satu atap.
Pihak Kantor Syahbandar menyiapkan rolling road dan tenda khusus sebagai pintu masuk para pelaut yang akan mengurus dokumen. Sehingga tidak ada lagi kesemrawutan dan rebutan seperti sebelumnya, semuanya terlihat tertib dan patuh mengikuti aturan.
Hasil survey yang dilakukan Tim Kementerian PAN, terhadap kepuasan masyarakat pafa Pelayanan Satu Atap Kantor Syahbandar Utama Tanjung Priok, Rabu (05/10/2016) menunjukan hasil positif. Dari seluruh tesponden yang diwancarai dan mengisi kuisioner mengatakan pelayanannya cukup bagus dan memuaskan.
Sejumlah pelaut yabg sedang mebgurus dokumennya mengatakan, pola pelayana yang ada sekarang ini untuk dipertahankan dan ditingkatkan.
" Sekarang bukan hanya memuaskan tapi membuat kami menjadi nyaman. Tidak ada lagi calo yang menawarkan jasanya, pethgasnya juga ramah. Satu kalk kami masukan dokumen tinggal menunggu duduk manis di ruangan ber AC," kata Ridwan, satu dari ratusan pelaut yang sedang mengurus perpanjangan buku pelaut.
Kepala Kantor Utama Syahbandar Tanjung Priok, Sahatua P.Simatupang mengagakan, petugas Pelayanan Terpadu Satu Atap harus profesional dalam menjalankan tugasnya sehingga masyarakat yang membutuhkan menikmati kenyamanan dan merasa puas.
" Pelayanan terpadu satu atap ini, merupakan wujud nyata program reformasi birokrasi di lingkungan Kanyor Syahbandar Tanjung Priok. Kalau tadinya dilayani satu persatu, kini semuanya dilaksanakan di ruang ini," kata Sahatua.
Dengan adanya ruang pelayanan terpadu maka semua proses pengurusan perizinan maupun administrasi lainnya akan menjadi lebih cepat, efektif dan efisien serta transparan dan akuntabel.
" Ruang pelayanan terpadu satu atap ini merupakan satu langkah maju dalam memberikan tugas pelayanan kepada masyarakat. Ini juga sejalan dengan prinsip good governance dan reformasi birokrasi," jelasnya.