Terima Penghargaan Kemenhub 2019, Ini Respon Perusahaan Angkutan
Senin, 16 September 2019, 08:30 WIBBisnisNews.id -- Dalam rangka Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2019, Kemenhub memberikan penghargaan kepada perusahaan angkutan umum barang dan penumpang terbaik. Pernyerahan penghargaan itu dimaksudakn sebagai upaya pembinaan dan perbaikan pelayanan kepada masayarakat di masa mendatang.
"Angkutan umum harus makin baik, selamat aman dan nyaman. Tersedia dalam jumlah cukup serta terjangkau harganya," kata Dirjen Perhubungan Darrat, Kemenhub Budi Setiyadi di Jakarta.
Beberapa perusahaan angkuran barang besar menerima pengharaan ini. Mereka aknatara lain, Kamadjaja Logistik, diperingkat kedua untuk persuaaan besar. Sementara perusahaan Lookman Djaja Logistik, peringkat kedua untuk perusahaan sedang.
Untuk perusahaan AKAP angkutan orang, PO Haryanto menjadi pememang pertama. Sedang perusahaan sedang diraih PO Bhinneka dan perusahaan pariwsata besar diraih oleh PO Big Bird sebagai perusahaan angkutan pariwisata terbaiknya.
Suprize Diakui Pihak Eksternal
Kusuma Natali dari Kamadjaja Logistik mengaku bangga dan surprize kinerjanya diangkui dan menerima penghargaan dari pihak eksternal. "Ini satu prestasi, bahkan layanan kita khususnya di bidang trucking diakui bahkan menerima penghargaan," kata Kusuma menjawab BisnisNews.id di Jakarta, Senin (16/9/2019).
Menurutnya, beberapa point penting yang menjadi penilaian tim adalah manajemen keselamatan, jenjang pendidikan dan pelatihan serta kesejahteraan karyawan juga. "Penilaian diakukan tim independen, dan pihak Kamadjala Logistik menjawab apa adanya dan telah dilakukan selama ini," jelas Kusuma lagi.
Bagi kami, aku Kusuma, penghargaan ini merupakan pengakuan pihak lain, sekaligus harus menjadi cambk untuk bekerja dan melayani pengguna jasanya dengan lebih baik. "Pelayanan yang baik dan berkeselamatan menjadi komitmen bersama di perusahaan kami," terang Kusuma.
Pengakui serupa diampaikan Direktur Lookman Djaja Logistk Kyatmaja Lookman. Penghargaan ini meruakan suprize sekaligus prestasi yang perlu dijaga dan ditingkatkan di masa mendatang. "Saat penilaian, ada 24 poin penilaian. Intinya ada 5 kategori penilaian terutama keselamatan, keamanan dan pelayanan yang baik dan memuaskan," kata Kyat menjawab BisnisNews.id, Senin.
Pada dasarnya, aku dia, adalah masalah kepatuhan terhadap regulasi. Poin besarnya tentang sistim manajemen keselamatan.
"Kendaraan yang berkeselamatan dan sdm yang berkeselamatan. Kalau pengalaman berat kita gak tahu juri mau bertanya apa dan melakukan audit," jelas Kyat lagi.
Selama ini, menurrut dia, pihaknya telah melakukan manajement safety dalam apa yang kita lakukan, seperti memastikan kondisi kendaraan selalu prima, peralatan lengkap seperti kotak P3K, Apar, perijinan lengkap dan tidak expired, melakukan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan sdm
"(Penghargaan) ini baru kali pertama untuk angkutan barang, termsuk Lookman Djaja Logistik. Oleh karenanya, kami harap tahun-tahun berikutnya lebih meriah lagi dan lebih banyak peserta serta berprestasi lagi," tegas Kyat.(helmi)