AP II-Grup Astra International Teken MoU Kembangkan Digitalisasi Pelayanan di Bandara Soetta
Rabu, 09 Oktober 2019, 19:34 WIBBisnisNews.id -- PT Angkasa Pura (AP) II dan PT Astra Digital Internasional, anak usaha dari PT Astra International Tbk menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/ MoU) terkait layanan mobilitas di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). MoU diteken President Director Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin dan President Director Astra Digital International Djap Tet Fa pada hari ini, Rabu (9/10/2019), di coworking space premium APSpace di Terminal 3 Bandara Soetta.
Melalui MoU tersebut, Astra Digital nantinya secara resmi akan menyediakan tiga layanan berbasis aplikasi di Bandara Soetta yaitu Cariparkir untuk memesan slot parkir reguler dan parkir inap khusus mobil, lalu Movic untuk penyewaan mobil dan Sejalan untuk memesan tiket bus.
President Director AP II Muhammad Awaluddin mengatakan MoU tersebut menandakan komitmen bersama antara Angkasa Pura II dan Astra International Group untuk meningkatkan customer experience di Bandara Soetta. “AP II tengah mempersiapkan banyak layanan dan operasional berbasis digital, dan hari ini Astra Digital membawa solusi untuk mobilitas yaitu mempermudah pencarian parkir, sewa kendaraan, dan pembelian tiket bus melalui aplikasi."
MoU ini akan memastikan layanan itu sesuai dengan prosedur yang ada serta terkait business process, dan sebagainya. “Transformasi digital sudah dijalankan Angkasa Pura II sejak tiga tahun lalu dengan tujuan utama mewujudkan layanan hassle-free, stress-free, dan confussion-free di bandara. Digital adalah infrastruktur yang dapat membantu menemukan solusi berbagai kebutuhan dengan tepat dan cepat,” jelas Awaluddin.
Awaluddin juga menambahkan seluruh bandara di bawah AP II kini dikembangkan dengan konsep smart connected yang berarti memiliki layanan terintegrasi melalui digitalisasi.
Sementara, Direktur Astra International Paulus Bambang Santoso mengatakan Astra International bersama Angkasa Pura II ingin menunjukkan keramahan Indonesia di bandara-bandara melalui layanan berbasis digitalisasi. MoU yang ditandatangani ini juga dinilai merupakan langkah awal sinergi yang baik antara BUMN dan swasta.
“Yang paling penting adalah kita bersama menunjukkan kita punya momenth of truth Indonesia di bandara. Begitu orang masuk bandara, merasakan keramahan Indonesia lewat bandara," kata Paulus.
“Apalagi kalau semua nanti terkoneksi, mereka masuk sudah merasa disambut oleh Indonesia. Kita sanggup memikirkan sesuatu karena unsur digital ini membuat orang menjadi smart,” jelas Paulus Bambang.
Paulus Bambang menuturkan layanan mobilitas berbasis digital melalui aplikasi Cariparkir, Movic, dan Sejalan yang dimiliki Astra Digital merupakan starting point yang baik dalam menjadikan bandara sebagai Gerbang Indonesia yang ramah.
“Bagi kami ini adalah starting point yang bagus supaya bisa menjadikan bandara ini Lobby of Indonesia dan Gerbang Indonesia. Karena siapapun dia masuk ke bandara akan menjadi smart, karena memang di lengkapi dengan smart infrastructure yang dibangun Angkas Pura II, smart content yang dibangun bersama, dan akibatnya kita punya smart community.”
“Everyoby is not competing but collaborating. Dari kami tidak merasa competing dengan yang lain karena kita membangun Indonesia,” tegas Paulus Bambang.(helmi)