ASDP Mencatat Kinerja Positif di Semester I-2025
Kamis, 11 September 2025, 17:56 WIB
BISNISNEWS.id - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) berhasil mencatatkan kinerja solid sepanjang Semester I-2025 dengan melayani 3,07 juta penumpang dan 3,98 juta kendaraan di seluruh Indonesia.
Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Heru Widodo, mengatakan, capaian tersebut menjadi bukti ketangguhan dan daya adaptasi perusahaan.
“Kita tidak sekadar menjalankan bisnis seperti biasa, tetapi bergerak cepat dengan fokus pada Quick Wins. Semua lini harus bersinergi untuk menciptakan hasil nyata bagi perusahaan, masyarakat, dan negara,” ujar Heru.
Sepanjang Januari.–.Juni 2025, ASDP membukukan pendapatan konsolidasi sebesar Rp 2,44 triliun, dengan laba bersih Rp 298 miliar. Capaian ini mengalami penyesuaian sekitar 4% pada pendapatan dan 9% pada volume kendaraan dibandingkan tahun sebelumnya. Namun, manajemen mampu menjaga profitabilitas dan kestabilan arus kas melalui strategi efisiensi dan penguatan layanan berbasis kebutuhan pasar.
Fondasi Kuat
Corporate Secretary ASDP, Shelvy Arifin, menambahkan konsistensi kinerja Semester I-2025 menjadi fondasi kuat untuk akselerasi pertumbuhan di Semester II.
“ASDP tetap berkomitmen menjaga stabilitas bisnis sekaligus memperkuat fondasi perusahaan. Fokus kami adalah menghadirkan layanan prima, khususnya sektor logistik yang menjadi pilar utama kinerja perusahaan,” jelas Shelvy.
Transformasi digital terus diperkuat melalui penerapan pemesanan tiket online Ferizy yang kini hadir di 49 pelabuhan. Platform ini meningkatkan kenyamanan pengguna jasa dengan proses reservasi yang lebih cepat, transparan, dan aman.
Selain digitalisasi, pengembangan infrastruktur juga menjadi prioritas. Peningkatan layanan di Pelabuhan Merak dan Bakauheni, termasuk pembangunan jembatan penghubung antara terminal eksekutif dan reguler, telah menghadirkan pengalaman perjalanan yang lebih lancar dan nyaman bagi masyarakat.
ASDP juga memperluas akses konektivitas dengan membuka delapan lintasan perintis baru yang menjangkau wilayah strategis dan kawasan 3T. Kehadiran lintasan ini memperkuat peran ASDP dalam mendorong pertumbuhan ekonomi daerah serta pemerataan pembangunan.
evaluasi layanan dilakukan secara berkala untuk memastikan kepuasan pelanggan. “Kami mendengarkan aspirasi pengguna jasa dan memastikan kualitas layanan terus ditingkatkan sesuai kebutuhan masyarakat,” ujarnya.
Memasuki Semester II-2025, manajemen menekankan akselerasi eksekusi strategi Quick Wins sebagai langkah pemulihan korporat yang terukur, berbasis kolaborasi lintas fungsi, dan berdampak nyata. Dengan konsolidasi internal dan semangat eksekusi bersama, ASDP optimistis dapat menutup tahun 2025 dengan capaian membanggakan sekaligus memberikan kontribusi signifikan bagi perekonomian nasional.