ASDP Mencatat Platform Pemesanan Tiket Online Tembus 3 Juta
Senin, 19 Mei 2025, 20:22 WIB
BISNISNEWS.id - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mencatat, per Mei 2025, platform pemesanan tiket online Ferizy resmi melampaui angka 3 juta pengguna
Aplikasi yang mulai diluncurkan 2020, oleh ASDP diklaim bukan hanya menjadi kanal pemesanan tiket online, tetapi juga tulang punggung sistem manajemen penumpang ASDP di lintasan padat
Dilintasan padat, seperti Merak–Bakauheni, Ketapang–Gilimanuk, dan Padangbai–Lembar, penggunanya mencapai 90npersen dari total transaksi harian.
Pengguna Ferizy tertinggi terjadi pada periode puncak seperti Angkutan Lebaran 2025 lalu, yang mencatat lebih dari 2 juta pergerakan penumpang dalam waktu dua minggu
Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin menyatakan bahwa pencapaian ini merupakan manifestasi dari komitmen perusahaan untuk terus bergerak maju sebagai penyedia layanan transportasi modern yang berbasis teknologi.
“Masyarakat kini semakin melek digital dan menuntut kemudahan dalam setiap aspek pelayanan publik, termasuk transportasi penyeberangan. Ferizy hadir menjawab kebutuhan itu, dengan solusi yang cepat, transparan, dan user-friendly,” ungkapnya.
Shelvy menambahkan bahwa transformasi digital ASDP tidak hanya berhenti pada front-end layanan. “Saat ini, lebih dari 70 persen proses operasional ASDP telah terdigitalisasi. Mulai dari pemesanan tiket, check-in, hingga pengelolaan data arus kendaraan dan penumpang secara real-time. Ini memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih cepat dan akurat, serta meminimalisir antrean panjang di pelabuhan,” jelasnya.
Sebagai bagian dari ekosistem digital, Ferizy juga telah terintegrasi dengan berbagai sistem pembayaran elektronik, termasuk e-wallet, virtual account, dan QRIS. Proses pembelian tiket kini hanya memerlukan waktu kurang dari lima menit, dan pengguna jasa dapat mengakses layanan melalui website www.ferizy.com, trip.ferizy.com, maupun aplikasi mobile Ferizy di Play Store dan App Store. (Syam)