ASDP Mencatat, User Aplikasi Ferizy Tumbuh 33 Persen atau Tembus 2 Juta Pengguna
Rabu, 24 Januari 2024, 23:05 WIBBISNISNEWS.id - Pemesanan tiket online kapal ferry secara mandiri via aplikasi Ferizy hingga kini tercatat 1,976 juta user.
Angka itu diprediksi akan terus bertambah setiap harinya, meningkat, karena layanan ini memudahkan masyarakat pengguna jasa yang akan melakukan perjalanan.
Prediksi itu mengacu pada angka pertumbuhan, pada periode 1 Maret 2020 hingga 31 Desember 2020 user Ferizy tercatat 438.105 user atau 22 persen .
Kemudian pada periode 1 Januari 2021 hingga 31 Desember 2021 bertambah 354.700 user atau naik 18 persen dari total keseluruhan, disusul periode 1 Januari 2022 hingga 31 Desember 2022 bertambah 527.730 user atau 27 persen dari total keseluruhan.
Pada periode 1 Januari 2023 hingga 31 Desember 2023 mencapai 655.951 user atau 33 persen dari total keseluruhan. Dengan demikian, total user Ferizy sejak 1 Maret 2020 hingga 31 Desember 2023 mencapai 1.976.486 user
Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengatakan, sebelum akhir 2008, ASDP masih menerapkan penjualan tiket secara manual di pelabuhan.
Pada akhir 2008, mulai diberlakukan RFID ticketing dengan konsumen tetap membeli tiket di pelabuhan dan mendapatkan tiket keras (RFID) yang dicetak di loket pelabuhan.
Selanjutnya, pada Agustus 2018, konsumen masih membeli tiket di pelabuhan, namun sudah bisa melakukan pembayaran dengan menggunakan prepaid card (cashless) di mesin EDC.
"Lalu, sejak 2020, ASDP mulai menerapkan tiket online dengan konsumen dapat membeli tiket di manapun dan kapanpun melalui web dan mobile apps Ferizy atau sales cannel Ferizy lainnya," kata Shelvy.
Ia menjelaskan bahwa melalui tiket online, pembayaran dapat dilakukan melalui berbagai metode seperti mobile banking, e-wallet, gerai ritel, i-banking, dan lainnya. Lalu, konsumen akan menerima e-tiket secara real time dan selanjutnya dapat melakukan _check in_ di Pelabuhan sesuai jam yang telah ditentukan.
"Dengan penerapan tiket online secara mandiri via Ferizy ini, maka konsumen semakin mudah dan cepat sekaligus perjalanan menjadi lebih nyaman, aman, dan lancar," katanya.
Shelvy menambahkan hingga November 2023, terdapat 20 pelabuhan yang telah menerapkan sistem reservasi online, yakni Merak, Bakauheni, Ketapang, Gilimanuk, Ajibata, Ambarita, Lembar, Padangbai, Jangkar, Sape, Labuan Bajo, Jepara, Karimunjawa, Ujung, Kamal, Pototano, Kayangan, Tanjung Kalian, Gorontalo, dan Pagimana.
Untuk pilihan pembayaran nontunai dapat dilakukan melalui 11 virtual account 3 e-wallet 5 gerai retail, 3 internet banking_ dan 6 sales channel. Sedangkan, pembayaran tiket go show dapat dilakukan melalui 13 virtual account 5 e-wallet, dan 4 kartu uang elektronik.
Terdapat total 8 sales channel Ferizy melalui Alfamart, Indomaret, Alfamidi, Agen BNI 46, Agen BRILink, Agen Delima, AgenBJBBiSA!, dan Tiket.com.
Lebih jauh Shelvy mengatakan bahwa ASDP memahami pentingnya untuk terus beradaptasi dengan tren teknologi yang terus berkembang, yang diharapkan dapat meningkatkan layanan kepada seluruh pengguna jasa.
" Digitalisasi telah menjadi keharusan dan memengaruhi berbagai aspek kehidupan sehari-hari, termasuk dalam melakukan transaksi pembayaran pada layanan transportasi," ujarnya.
Menurutnya, digitalisasi sebagai bukti kontribusi ASDP dalam memperlancar konektivitas antarwilayah, sehingga dapat mendukung pertumbuhan ekonomi daerah..(Syam)