Bandara Soetta Perkenalkan Bagasi Berbasis Digital
Selasa, 16 Januari 2018, 16:51 WIBBisnisnews.id - Bandara Internasional Soekarno-Hatta perkenalkan layanan baru berbasis teknologi digital. Berupa perangkat baggage scale atau timbangan bagasi untuk layanan self check-in kiosk.
Perangkat layananan bagasi penumpang ini akan dioperasikan di selasar terminal 1 dan terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta. Nantinya penumpang yang membawa bagasi, tidak perlu lagi repot antre panjang di counter check-in.
Branch Communication Soekarno-Hatta Airport, Haerul Anwar mengatakan, tahap awal, pelayanan perangkat baggage scale dioperasikan di selasar terminal 1-C, selanjutnya dikembangkan pelayanannya ke terminal 2.
Baggage scale merupakan salah satu jenis layanan beasiswa digital yang terus dikembangkan PT Angkasa Pura II di bandara Internasional Soekarno-Hatta. Perangkat itu satu per satu dikembangkan dan nantinya seluruh pelayanan di terminal mengadopsi teknologi digital.
"Alat itu dikombinasikan dengan layanan self baggage drop di curbside atau di selasar Terminal 1C. Nantinya penumpang yang membawa bagasi, tidak perlu lagi repot antre panjang di counter check-in, selain itu dalam waktu dekat ini perangkat baggage scale juga akan diadakan di terminal 2," ujar Haerul.
Selain sedang menguji coba self baggage drop di curbside Terminal 1C, Bandara Soekarno-Hatta . Di Terminal 3 juga disediakan vending machine yang dapat memudahkan pengguna jasa untuk bertansaksi. Penumpang dapat memanfaatkan fasilitas baru ini.
"Jadi jangan khawatir, jika penumpang lupa membayar tagihan listrik dan pengisian pulsa, saat ini telah tersedia empat vending machine di Terminal 3 kedatangan serta di tempat pengambilan bagasi," terang Haerul.
"Upaya ini untuk lebih memudahkan pengguna jasa dalam beraktivitas dan berbisnis. Kami senang pengguna jasa dapat memanfaatkan teknologi dengan tepat yang akan mendapatkan manfaat kebaikan dari penggunaan teknologi," tuturnya.
Sesuai dengan program utama korporasi, untuk menciptakan sebuah Airport digital journey experience, PT Angkasa Pura II secara berkelanjutan mensosialiasikan ditetapkannya bahwa e-boarding pass sudah berlaku dan tidak boleh lagi ada penolakan dari petugas Aviation Security (Avsec), tanpa harus dicetak.
"Tentunya, dengan adanya e-boarding pass, para pengguna jasa semakin dimudahkan. Pasalnya, penumpang cukup menunjukkan e-boarding pass yang terpampang pada layar smartphone mereka, kepada petugas boarding atau kepada petugas Avsec” tutupnya. (Syam )