Bersamaan Libur Sekolah, Penumpang Kapal Laut di Pelabuhan Tanjung Emas Dan Kendal Naik 15,36%
Kamis, 09 Januari 2020, 17:12 WIBBisnisNews.id -- Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Tanjung Emas mencatat, jumlah penumpang kapal laut selama masa Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2019/2020 sebanyak 26.132 jiwa. Jumlah itu naik 15,36 persen dibandingkan masa Nataru tahun lalu sebesar 17.849 jiwa.
Kepala KSOP Tanjung Emas, Junaidi mengatakan, kenaikan penumpang angkutan laut di Pelabuhan Tanjung Emas, salah satunya dikarenakan bersamaan dengan masa libur sekolah dan masih tingginya tiket angkutan udara, sehingga banyak masyarakat yang beralih ke moda transportasi laut.
Dari data Posko Nataru 2019/2020 KSOP Tanjung Emas, lonjakan penumpang turun terjadi pada tanggal 20 Desember 2019 atau H -5 sebanyak 1.772 jiwa. Sementara untuk penumpang turun paling banyak di H -2 atau tanggal 23 Desember 2019.
Data tersebut sudah termasuk data penumpang yang turun maupun naik dari pelabuhan Kendal. Masih dari data Posko Nataru 2019/2020 KSOP Tanjung Emas, tujuan pelabuhan Kumai menjadi yang paling banyak menerima penumpang baik naik maupun turun. Sebanyak 4.248 jiwa berasal dari pelabuhan Kumai.
Paling Banyak Tujuan Kumai
Sementara untuk tujuan pelabuhan Kumai sebanyak 4.758 jiwa. Kebanyakan mereka para penumpang berprofesi sebagai pekerja perkebunan kelapa sawit. Total 31 call kapal penumpang. 3 call melalui pelabuhan Kendal selebihnya melalui pelabuhan Tanjung Emas.
Data Posko Nataru 2019/2020 KSOP Tanjung Emas juag mencatat, penumpang tujuan Pelabuhan Kumai menjadi yang paling banyak menerima penumpang baik naik maupun turun. Sebanyak 4.248 jiwa berasal dari pelabuhan Kumai. Sementara untuk tujuan pelabuhan Kumai sebanyak 4.758 jiwa.
Kebanyakan mereka para penumpang berprofesi sebagai pekerja perkebunan kelapa sawit. Total 31 call kapal penumpang. 3 call melalui pelabuhan Kendal selebihnya melalui pelabuhan Tanjung Emas.
Ketua Satuan Tugas (Kasatgas) Posko Penyelenggaraan Angkutan Nataru 2019/2020 KSOP Tanjung Emas, Sadeli mengungkapkan, “Alhamdulillah, Posko kali ini berjalan dengan lancar semua penumpang terlayani dengan baik. Sistem E-Ticket maupun Boarding Pass dilaksanakan dengan baik," kata dia.
Dari sisi prasarana di terminal penumpang tidak menemui kendala yang berarti walaupun sedang diadakan perbaikan peninggian lantai di ruang tunggu terminal yang dilakukan oleh PT. Pelindo III.
"Terima kasih kepada semua petugas posko yang terdiri dari berbagai instansi unsur maritim yang telah bekerjasama dengan baik dalam mewujudkan pelayanan kepada masyarakat khususnya pengguna moda angkutan transportasi laut," tandas Sadeli.(nda/helmi)