BTN Menerima Best Savings Bank Award di Thailand
Minggu, 05 Mei 2024, 12:27 WIBBISNISNEWS.id - Dinilai konsisten menjalankan peran sebagai bank tabungan dengan tingkat inklusi keuangan di masyarakat PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk meraih penghargaan Best Savings Bank 2024 for Indonesia di Thailand.
Penghargaan yang di Erika. Okeh Global Brands Magazine Award di Thailand, pada Sabtu 4 amei 2024 tersebut merupakan bentuk pengakuan terhadap konsistensi perseroan dalam memberikan pelayanan kepada para nasabah.
BTN terus bertransformasi di sisi transaksi elektronik untuk meningkatkan dana murah (current account savings account/CASA) perseroan.
BTN juga aktif mengakselerasi digital banking melalui BTN Mobile hingga peluncuran kartu debit BTN contactless yang memudahkan transaksi nasabahnya.
Dengan berbagai transformasi tersebut, per Maret 2024, BTN mencatatkan peningkatan transaksi melalui BTN Mobile sebesar 158,6 persen secara tahunan (year-on-year/yoy). BTN juga mencatatkan porsi CASA sebesar 50,1 persen per Maret 2024.
Direktur Distribution and Institutional Funding BTN Jasmin mengatakan bibit awal kelahiran BTN bermula dari bank milik Belanda bernama Postspaarbank. Visi awal bank tersebut yakni mendidik masyarakat untuk menabung demi masa depan. Dalam perjalanannya,
Postspaarbank kemudian berganti nama menjadi Tokin Kyoku, Bank Tabungan Pos, hingga menjadi Bank Tabungan Negara.
"Meski telah melewati ratusan tahun dan berevolusi, BTN tetap konsisten dengan peran sebagai bank tabungan untuk mengajak masyarakat menabung. Penghargaan ini akan menjadi pengingat bagi kami untuk terus menjalankan peran tersebut, demi masa depan yang lebih baik," ujar Jasmin di Jakarta, Minggu (5/4/2024).
Sebagai bank tabungan, lanjut Jasmin, salah satunya BTN juga berfokus menyediakan akses inklusi dengan menghadirkan agen BTN di perumahan-perumahan yang dibiayai perseroan.
BTN juga menyediakan BTN Mobile yang mudah diakses para nasabahnya.
"Bagi kami, menjalankan peran sebagai bank tabungan berarti tidak hanya menawarkan produk, tapi juga mengingatkan masyarakat untuk menabung demi masa depan karena hidup gak cuma tentang hari ini," jelas Jasmin.
Deepali Khana, Vice President Asia Regional Office The Rockefeller Foundation mengatakan di masa saat ini, sebuah merek tidak hanya besar karena profit yang dihasilkan.
"Merek besar akan memiliki bisnis yang berkelanjutan ketika konsisten dengan perannya dalam memberikan dampak nyata di masyarakat termasuk dalam menjalankan inklusi keuangan," ujarnya.
(Hedi)