Dirlala Capt Wisnu Silaturahmi dan Beri Arahan Pada Pegawai KSOP Jayapura
Jumat, 03 Januari 2020, 20:27 WIBBisnisNews.id -- Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut (Dirlala) Ditjen Hubla, Kemenhub Dr. Capt Wisnu Handoko bersilaturhami dan memberikan arahan kepada pimpinan dan staf KSOP Kelas II Jayapura, Papua. Acara dihelat disela-sela pemantauan arus balik Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2019/2020 di Posko Nataru KSOP setempat, Jumat (3/1/2020).
Capt Wisnu menyampaikan, sesuai tupoksi Ditlala Ditjen Hubla adalah antara lain mengurusi masalah angkutan keperintisan, termasuk di masa libur Nataru tahun 2020 ini. "Pemerintah komit dan ingin memastikan, seluruh angkutan Nataru di KSOP Jayapura, baik untuk kapal-kapal reguler dan kapal perintis berjalan optimal," katanya di depan anggotanya di Jayapura itu.
KSOP dan Pelabuhan Jayapura Papua dan daerah lain di kawasan ini menjadi salah satu objek pemantauan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) saat liburan Nataru. Pasalnya, memang banyak warga masyarakat yang merayakan Nataru baik inter-Papua atau ke berbagai daerah terdekat seperti Ambon, Makassar, Manado dan lainnya.
"Kemenub khususnya Ditjen Hubla dan seluruh UPT di daerah harus memberikan pelayanan terbaik ke masyarakat saat membutuhkan. Negara harus hadir dan melayani masyarakat termasuk saat liburan Nataru. Ini bagian visi misi Presiden Jokowi sekaligus amanat konstitusi yang harus dijalankan sebagai ASN," jelas Capt Wisnu.
Dari pemantauan hari ini (Jumat,3/1/2020) semua kapal penumpang dan barang baik dari PT Pelni (KM Dobonsolo) dan kapal perintis (KM Sabuk Nusantara/ Sanus) melayani masyarakat dengan baik. "Kapal datang dan pergi melayani pemudik dan arus balik dengan optimal. Meski disana sini perlu terus ditingkatkan pelayanannya," aku Capt Wisnu.
Inaportnet dan PNBP
Selain itu, papan mantan Direktur PIP Semarang itu, Ditlala juga mengurusi masalah Inapornet. Digitalisasi layanan jasa kapal dan barang di pelabuhan itu harus terus ditingkatkan, termasuk di Pelabuhan dan KSOP Jayapura, Papua.
"Inaportnet sekarang aaa generasi kedua, dan akan terus di-up date dan ditingkatkan sesuai dinamika dan tuntutan kemajuan. Layanan kapal barang dan penumpang secara online ini harus mampu meringankan tugas dan pekerjaan manusia. Oleh karena itu, perlu didukung SDM yang memadahi dan berkompeten di bidangnya," pinta Capt Wisnu.
Di sisi lain, UPT di bawah Hubla termasuk KSOP Jayapura juga harus meningkatkan penerimaan negara bukan pajak (PNBP). Dari pendapatan iutlah, sebagian akan kembali dan digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan pegawai dan kualitas pelayanan kepada pengguna jasanya.
"Terus bekrja dan melayani dengan sebaik mungkin. Sejalan dengan itu, terus pula tingkatkan penerimaan PNBP, karena itu akan menjadi kredit point sekaligus meningkatkan kesejahteraan serta meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat dan pengguna jasanya," tandas Capt. Wisnu.(helmi)