Empat Bandara InJourney Airports Tempati Indeks Kepuasan Pelanggan Tertinggi versi INACA
Jumat, 17 Oktober 2025, 08:55 WIB
BISNISNEWS.id - Empat bandara PT Angkasa Pura Indonesia (InJourney Airports) menempati urutan tertinggi terhadap kepuasan pelanggan. Yakni, Bandara Frans Kaisiepo Biak, Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Bandara Juanda Surabaya dan Bandara Internasional Yogyakarta.
Penilaian itu dirilis Indonesia National Air Carriers Association (INACA) berdasarkan hasil survei Kepuasan Pelanggan (Customer Satisfaction Index/ CSI) di 32 bandara periode Mei – Juni 2025.
Penilaian tersebut didasarkan pada dua kriteria utama. Yakni, Indeks Kepuasan Pelanggan (Customer Satisfaction Index/CSI) dan Indeks Relatif Peningkatan (Improvement Relative Index - IRI) yang kemudian digabungkan menjadi Competitive Score (SC) dalam skala 100.
Survei melibatkan responden, terdiri dari penumpang, cockpit crew, station manager maskapai, konsesioner, dan pelanggan kargo. Metodologi yang digunakan adalah survei melalui e-survey, meeting management, dan observasi.
Direktur Utama InJourney Airports Mohammad R. Pahlevi mengatakan, kunci kepuasan pelanggan adalah, melayani sepenuh hati para pengguna jasa bandara.
“Kami berterima kasih kepada INACA atas dukungannya untuk terus mendorong peningkatan pelayanan di seluruh bandara InJourney Airports.”
Dijelaskan, Frans Kaisiepo Biak salah satu bandara yang dicanangkan sebagai motor penggerak ekonomi dan pariwisata di kawasan timur.
Sedangkan bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Juanda Surabaya, dan Bandara Internasional Yogyakarta merupakan bandara yang masuk dalam jajaran tersibuk di Indonesia.
"Penghargaan ini tentu semakin memicu keempat bandara untuk terus memberikan kontribusi terbaik terhadap perekonomian dan pariwisata,” ujar Pahlevi.
Pencapaian keempat bandara ini juga tidak lepas dari transformasi yang dijalankan mencakup Premises (infrastruktur kelas dunia), People (layanan kelas dunia oleh staf bandara), dan Process (operasional berbasis ekosistem) yang dijalankan perseroan di bandara-bandara.
Wakil Direktur Utama InJourney Airports Achmad Syahir menuturkan hasil dari penilaian ini dapat menjadi salah satu tolok ukur pencapaian transformasi di bandara.
“CSI 2025 dari INACA ini menjadi evaluasi bagi kami untuk mendorong peningkatan pelayanan di seluruh bandara InJourney Airports. Kami berterima kasih kepada seluruh maskapai nasional yang sudah mendukung kami dalam melakukan peningkatan standar pelayanan kepada pengguna jasa bandara,” jelas Syahir.
Menurut Syahir, saat ini InJourney Airports tengah menjalankan program Melayani Sepenuh Hati with ImpaCX.
ImpaCX sendiri kepanjangan dari InJourney Airports Movement to Accelerate Performance in Customer Experience.
“Melalui program ini, kami mengakselerasi kinerja untuk memberikan customer experience_ terbaik bagi penumpang pesawat. Kami ingin menghadirkan _journey experience terbaik mulai dari bandara keberangkatan hingga bandara tujuan untuk melengkapi perjalanan para traveler,” ungkap Syahir. (Syam)