Empat Maskapai Ajukan 66 Penerbangan Tambahan ke Bandara Lombok
Senin, 09 Oktober 2023, 19:22 WIBBISNISNEWS.id – Sejumlah maskapai mengajujan penambahan penerbangan (extra flight) ke Bandara Internasional Lombok, menyusul penyelenggaraan MotoGP seri Grand Prix of Indonesia 2023 di Sirkuit Mandalika pada 13-15 Oktober mendatang.
PT Angkasa Pura I (AP1) mencatat ada 66 permohonan extra flights yang diajukan oleh empat maskapai nasional. Yakni, Garuda Indonesia, Citilink, Indonesia AirAsia, dan Super Air Jet, serta 1 maskapai internasional yaitu Malaysia Airlines.
Mulai Selasa (10/10/2023), Bandara Lombok dijadwalkan mulai melayani kedatangan para pembalap dan anggota tim peserta kejuaraan.
Direktur Utama AP1 Faik Fahmi mengatakan, untuk menghadapi lonjakan penerbangan, sebelumnya telah menyelesaikan pekerjaan pengembangan Bandara Lombok meliputi pengembangan runway, terminal penumpang, serta terminal kargo untuk dapat secara optimal melayani operasional pesawat kargo, penanganan logistik tim, serta pelayanan penumpang.
Selain itu juga dilakukan penyesuaian waktu operasional bandara, dari yang sebelumnya 14 jam menjadi 24 jam pada periode 13 hingga 16 Oktober mendatang.
Sedangkan dari sisi keamanan dan untuk mendukung operasional harian di bandara, AP1 bekerja sama dengan instansi komunitas bandara yang terdiri dari unsur TNI, Polri, Imigrasi, Bea Cukai, dan KKP untuk menyiagakan 96 personel operasional harian selama pelaksanaan.
" Bandara Lombok dijadwalkan akan mulai melayani kedatangan para pembalap dan anggota tim peserta kejuaraan. Kami juga turut memastikan layanan dan operasional bandara dapat berjalan secara optimal, serta menimbulkan kesan yang tak terlupakan bagi para pembalap," lanjut Faik Fahmi.
Dua anak usaha AP 1 yakni Angkasa Pura Logistik (APL) dan Angkasa Pura Hotel (APH), memanfaatkan moment penting tersebut melalui sisi layanan, fasilitas berupa penanganan logistik dan hospitality.
"Dalam satu kesatuan, AP1 Group bersinergi dan mengintegrasikan layanan untuk mewujudkan komitmen dalam memberikan layanan terbaik bagi peserta kejuaraan, tim balap, hingga para penumpang secara umum yang hendak menjadi saksi para pembalap kelas dunia berlaga di Sirkuit Mandalika," lanjut Faik Fahmi.
Sedangkan untuk penyediaan layanan logistik, anak usaha AP1 yakni APL telah menangani 377 ton logistik berupa kendaraan peserta kejuaraan dan spareparts pendukung.
Kata Faik, APL memegang peranan penting mulai dari tahap unloading logistik dari pesawat kargo, pengangkutan logistik dari bandara menuju Sirkuit Mandalika, hingga proses pembongkaran kargo ketika tiba di sirkuit.
Anak usahanya itu, lanjut Faik juga melayani penanganan kargo milik Dorna Sports selaku penyelenggara MotoGP yang tiba di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, hingga pengangkutan menuju Sirkuit Mandalika.
APL juga akan berperan dalam pengangkutan logistik dari sirkuit kembali ke bandara untuk proses keberangkatan menuju Australia yang merupakan seri selanjutnya setelah Grand Prix of Indonesia.
Sementara untuk penyediaan layanan hospitality, anak usaha AP1 yaitu APH menyediakan layanan fast track penumpang melalui Premium Airport Special Service (PASS), serta layanan Concordia Airport Lounge yaitu layanan VIP yang diperuntukkan bagi penumpang dan peserta kejuaraan.
"Berbagai dukungan yang kami hadirkan ini merupakan wujud nyata atas komitmen AP1 Group untuk mendukung pelaksanaan dan kesuksesan perhelatan akbar ini, dimulai dari tahap persiapan, hari H pelaksanaan, hingga after event," jelas Faik Fahmi. (Syam)