Jaringan Jalan dan Angkutan Sungai di Kaltim dan Kaltara
Jumat, 26 Juli 2019, 09:41 WIBBisnisnews.is -- Jaringan jalan nasional di Kaltim 1.700 km dan 500 km di Kaltara. Total 2.200 km setara dengan dua kali panjang jalan pantura di Jawa (Merak-Banyuwangi). Belum termasuk jaringan jalan pararel perbatasan. Jaringan jalan perbatasan di Kaltim berada di Kab. Mahakam Ulu, sedangkan di Kaltara berada di Kab. Malinau dan Kab. Nunukan.
Kaltim dan Kaltara juga ada layanan angkutan sungai. Panjang sungai Mahakam 900 km dilayani sekitar 28 kapal sungai yang berlayar setiap hari menyusuri Sungai Mahakam melayani daerah sepanjang aliran sungai tersebut.
Di Kaltara selain angkutan sungai juga ada layanan angkutan penyeberangan yang berpusat aktivitas cukup tinggi di Pelabuhan Tengkayu di Tarakan.
Oleh sebab itu Bimbingan Teknis dan Sosialisasi aturan yang berkenaan dengan transportasi darat, sungai dan penyeberangan menjadi penting.
Terlebih menyangkut keselamatan transportasi sungai. Aliran Sungai Mahakam, selain untuk angkutan orang dan barang keperluan sehari hari warga setempat, juga dimanfaatkan angkutan batubara.
Transportasi angkutan batubara memang cukup efektif menggunakan prasarana air ketimbang jalan raya.
Jalan nasional yang berada di Kalimantan, rata-rata bekas angkutan kayu (logging) saat masih berjayanya kayu yang berasal dari hutan di Kalimantan.
Geometrik jalan masih ada yang belum diperbaiki sesuai aturan yang berlaku. Tingkat kerusakan jalan juga masih cukup tinggi. Baru ada satu UPPKB untuk panjang jalan 2.200 km ini.
*Penulis, Djoko Setijowarno: pengamat transportasi dan akademisi Unika Soegijopranoto Semarang.