Jasa Marga Mengajak Pengendara Kasih Masukan, Tentang Pelayanan ......
Rabu, 29 November 2023, 11:28 WIBBISNISNEWS.id - PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) bersama Anak Perusahaan Jalan Tol di Wilayah Jawa Tengah mengajak para pelanggannya untuk mewujudkan ketertiban di jalan.
Ajakan itu disampaikan pada temu pelanggan yang telah dilangsungkana Selasa, 28 November 2023 yang melibatkan sekitar 150 peserta.
Terdiri dari berbagai kalangan komunitas mobil, agen perjalanan, para pegiat Usaha Mikro Kecil dan Menengah, perwakilan media, pengusaha dan instansi pemerintah di Wilayah Kota Semarang, Solo dan sekitarnya.
Temu pelanggan yang dilakukan hybrid, yaitu secara luring di Ramashinta Ballroom Hotel Patra Semarang dan daring melalui video conference Zoom menurut pengamat transportasi Miming Miharja, kesadaran pengendara di jalan tol kian membaik.
Dikatakan, pelaku pergerakan di jalan tol mempunyai attitude atau motivasi menaati protokol berkendara di jalan tol karena hal ini menyangkut bentuk proteksi terhadap dirinya
“Saat terjadi pandemi Covid-19, pelaku pergerakan di jalan tol mempunyai attitude atau motivasi menaati protokol berkendara di jalan tol karena hal ini menyangkut bentuk proteksi terhadap dirinya,” imbuhnya.
Selain itu juga hadir sebagai narasumber, yaitu Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Tengah Agus Suryo Nugroho, Kepala Bidang Sistem Informasi Layanan Jalan Tol Sekretariat Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Ali Rachmadi, Kepala Bidang Lalu Lintas Jalan Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah Erry Derima Ryanto, Influencer dan Youtuber Ridwan Hanif dan Direktur Bisnis PT Jasamarga Transjawa Tol.
Pratomo Bimawan Putra selaku Direktur Bisnis PT Jasamarga Transjawa Tol menyampaikan tujuan diselenggarakannya acara temu pelanggan ini.
“ Acara Temu Pelanggan ini diselenggarakan dengan maksud untuk meningkatkan engagement dan komitmen kami kepada para pengguna jalan tol Trans Jawa, khususnya di Wilayah Jawa Tengah melalui suatu Forum Talk Show yang dilaksanakan secara hybrid sehingga Pengelola Jalan Tol dapat meningkatkan hubungan yang erat dengan Pengguna Jalan Tol.
Bima menambahkan, “Acara ini juga sebagai sarana pengelola jalan tol untuk menyampaikan informasi yang jelas terkait bisnis jalan tol kepada pengguna jalan,” ungkapnya.
Kepala Bidang Sistem Informasi Layanan Jalan Tol Sekretariat Badan Pengatur Jalan Tol Ali Rachmadi menyampaikan pentingnya keselamatan dalam melaksanakan pekerjaan di jalan tol, “BPJT telah mengeluarkan Panduan Teknis Keselamatan di Lokasi Pekerjaan Jalan yang diharapkan pengelola jalan tol dapat mengikuti panduan ini agar proses pekerjaan dapat lebih aman,” ujarnya.
Ali juga menerangkan dari sisi keselamatan di jalan tol, “Faktor penyebab terbesar kecelakaan di jalan tol Trans Jawa adalah faktor human error seperti mengantuk saat mengemudi di jalan tol dan pengemudi kelelahan.
Selain itu ditemukan pula pelanggaran kendaraan Over Dimension, Over Load, Overspeed, dan Underspeed yang juga menjadi penyebab kecelakaan. Oleh karena itu, diharapkan Badan Usaha Jalan Tol dapat menyiapkan langkah-langkap antisipasi agar meminimalisir resikonya dan keselamatan di jalan tol semakin baik,” ungkapnya.
Pemateri Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Tengah Agus Suryo Nugroho menyampaikan perbandingan fatalitas di jalan tol, “Di tahun ini, angka fatalitas di jalan tol wilayah Jawa Tengah mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya.
Hal ini dapat tercapai atas kolaborasi dari berbagai pihak, baik dari Satuan Kepolisian, Dinas Perhubungan, Pengelola Jalan Tol, Pengusaha dan pengemudi itu sendiri,”ujarnya. Kemudian Agus melanjutkan, “Peran teknologi menjadi poin penting dalam upaya penegakan hukum yang lebih transparan dan massive di jalan tol,” ujarnya.
Agus juga mengajak seluruh pengendara agar terus meningkatkan kedisiplinan untuk wujudkan keselamatan saat berkendara di jalan tol, “tutupnya.
Temu pelanggan ini merupakan hasil kolaborasi bersama PT Jasamarga Transjawa Tol Representative Office 2 Ruas Semarang Seksi A,B,C, PT Jasamarga Semarang Batang, PT Trans Marga Jateng, dan PT Jasamarga Solo Ngawi. (Syam)