Jelang Libur Panjang Nataru, Jasa Marga Tingkatkan Fasilitas Pelayanan di Rest Area
Rabu, 27 November 2024, 15:38 WIBBISNISNEWS.id - Jelang arus mudik libur Natal dan Tahun Baru, PT Jasa Marga (Persero) Tbk. melalui anak usahanya PT Jasamarga Related Business (JMRB), tambah fasilitas di rest area.
Beberapa langkah strategis yang dilakukan JMRB meliputi pengaturan _flow_ kendaraan di rest area, optimalisasi kapasitas kantong parkir, penambahan toilet portabel, ketersediaan air dan listrik, suplai Bahan Bakar Minyak (BBM), kesiapan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), hingga peningkatan kebersihan toilet dan lingkungan serta penambahan fasilitas penunjang lainnya.
Sebagai bagian dari inovasi berkelanjutan, JMRB juga menghadirkan fasilitas baru di Rest Area Travoy km 88A Jalan Tol Cipularang, yaitu Permata Executive Lounge, fasilitas premium hasil kolaborasi Jasa Marga dengan PT Perusahaan Gas Negara (PGN) di bawah naungan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).
Permata Executive Lounge resmi diluncurkan pada Jumat (22/11) dengan menawarkan pengalaman istirahat eksklusif. Fasilitas ini meliputi ruang tunggu (_lounge_) yang nyaman, ruang rapat (meeting room) dan ruang kerja (working room). Selain itu, terdapat juga toilet premium, kursi pijat dan area untuk merokok (smoking area).
Keunggulan lainnya, desain Permata Executive Lounge mengusung konsep arsitektur Indonesia yang ramah lingkungan (_green building_). Fasilitas ini direncanakan dilengkapi panel surya dari Pertamina New & Renewable Energy (Pertamina NRE), mendukung keberlanjutan lingkungan di tengah pelayanan premium.
Peresmian Permata Executive Lounge dihadiri oleh jajaran pimpinan dari Jasa Marga, JMRB, dan PGN, di antaranya Direktur Pengembangan Usaha Jasa Marga M. Agus Setiawan, Pjs Direktur Utama JMRB Hendra Gunawan, Direktur Bisnis Fasilitas Jalan Tol JMRB Bimo Esmunantyo, Direktur Bisnis Koridor Jalan Tol JMRB Bayu Nurbaya, Direktur SDM & Penunjang Bisnis PGN Rachmat Hutama, Komisaris Utama PGNMAS Faisal Rahadian, Direktur Utama PGNMAS Ivanna Laksmini Devi beserta jajaran.
Dalam sambutannya, M. Agus Setiawan menegaskan bahwa fasilitas ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan istirahat eksklusif para pengguna jalan tol, terutama menjelang musim liburan.
“Kolaborasi ini tidak hanya menghadirkan layanan premium tetapi juga mendukung kelancaran perjalanan pengguna jalan tol pada periode Natal dan Tahun Baru. Kami optimis fasilitas ini akan memberikan pengalaman istirahat terbaik bagi pengguna jalan,” ujarnya.
Rachmat Hutama menambahkan bahwa fasilitas ini sebagai langkah strategis untuk memperkuat kerja sama dan membuka peluang kolaborasi lebih luas antara Pertamina Group dan Jasa Marga Group.
“Permata Executive Lounge mencerminkan sinergi dua BUMN dalam memberikan pelayanan terbaik sekaligus mendukung pertumbuhan ekonomi nasional,” ungkapnya.
Dengan luas area mencapai 18,6 ha, Rest Area Travoy km 88A kini menjadi salah satu destinasi istirahat unggulan yang mengutamakan kenyamanan, produktivitas, dan keberlanjutan. Selain menghadirkan fasilitas premium, upaya ini juga menegaskan peran Jasa Marga dalam meningkatkan konektivitas dan mendukung ekonomi nasional melalui pelayanan jalan tol yang optimal.
(*/syam)