KAI Mencatat Angka Pertumbuhan Penumpang Periode Januari - Agustus
Senin, 09 September 2024, 15:54 WIB
BISNISNEWS.id - PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat terjadi peningkatan penumpang signifikan pada periode Januari - Agustus 2024.
Selama delapan bulan itu KAI Group berhasil melayani sebanyak 299.752.109 penumpang yang terdiri dari 29.922.766 penumpang KA jarak jauh, 4.648.369 penumpang KA lokal (dikelola KAI), 244.454.242 penumpang KRL dan KA Lokal yang dikelola KAI Commuter, 3.693.345 penumpang KAI Bandara, 12.700.737 penumpang LRT Jabodebek, 95.355 penumpang KAI Wisata dan 4.237.295 penumpang Whoosh.
"Pada bulan Agustus 2024, KAI berhasil melayani 4.112.113 penumpang KA jarak jauh dan lokal, meningkat 3,8 persen dibandingkan Agustus 2023 yaitu sebanyak 3.959.527 penumpang. Secara keseluruhan, kinerja KAI dari Januari hingga Agustus tahun 2024 untuk KA Jarak Jauh dan Lokal meningkat 9,4%, dari 31.595.487 penumpang menjadi 34.571.135 penumpang," ungkap VP Public Relations KAI Anne Purba.
Untuk angkutan lainnya juga mengalami peningkatan selama periode Januari hingga Agustus 2024. Seperti, KAI Commuter yang melayani penumpang KRL dan KA Lokal mencatat angka 244.454.242 penumpang atau meningkat 15,03% dibandingkan pada periode yang sama tahun lalu yaitu 212.510.807 penumpang. Penumpang KAI Wisata juga meningkat signifikan, yakni sebesar 73,01%, dari 55.114 penumpang menjadi 95.355 penumpang.
Anne mengucapkan terima kasih kepada seluruh pelanggan atas kepercayaan yang terus diberikan dalam menggunakan layanan kereta api.
"KAI berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan, keamanan, dan kenyamanan perjalanan melalui berbagai inovasi yang secara konsisten dihadirkan," lanjut Anne.
Anne mengatakan peningkatan volume penumpang ini didukung oleh perbaikan performa ketepatan waktu kereta api, baik dalam hal keberangkatan maupun kedatangan. Pada Agustus 2024 tingkat ketepatan waktu keberangkatan mencapai 99,85 pereen meningkat dari 99,76 pereen dibanding periode yang sama tahun 2023. Sementara itu, tingkat ketepatan waktu kedatangan pada Agustus 2024 tercatat 97,87 pere3n meningkat dibanding pada Agustus 2023 yakni 95,46 persen..
Anne menyatakan bahwa perbaikan performa ketepatan waktu ini dicapai berkat peningkatan mutu kinerja operasional, termasuk perawatan sarana dan prasarana yang lebih baik. Ketepatan waktu adalah salah satu keunggulan utama transportasi kereta api, yang menjadikannya pilihan favorit masyarakat karena bebas dari kemacetan.
(*/syam)