Manjakan Konsumen, ASDP Launching Pembelian Tiket Online Melalui FERIZY
Jumat, 13 Maret 2020, 15:16 WIBBisnisNews.id -- Manajemen PT ASDP Indonesia Ferry mulai melayani pembelian tiket secara online untuk penumpang dan kendaraan. Inovasi pelayanan di ASDP itu dimaksudakn untuk meningktakan pelayanan, mecegah antrean seperti kepastian space atau tempat duduk di kapal penyeberangan yang dituju.
Langkah tersebut merupakan bagian dari upaya ASDP untuk memperbaiki dan memanjakan konsumennya, baik penumpang atau kendaraan yang akan menyeberangan. "Membeli tiket angkutan penyeberangan, kini dapat diperoleh melalui aplikasi di smartphone android dengan nama FERIZY dan website https://
tiket.indonesiaferry.co.id/," kata Dirut ASDP Ira Puspa Dewi, saat mendampiingi Dirjen Hubdat Budi Setiyadi di Jakarta, Jmat (13/3/2020).
Dikatakan Ira, sistem tiket online ini mulai diluncurkan tanggal 2 Maret 2020. Dan taanggal 1 Mei 2020 mendatang, semua leyanan tiket ASDP sudah harus full online,"kata Ira lagi. Memang beum semurna, dan belum semua pengguna jasa enjoy dan failiar dengan sistem tiket online ini.
Manajemen ASDP komit untuk terus meningkatkan sistem dan pelayanannya. Mulai 1 Mei 2020 seluruh pengguna jasa sudah dapat membeli tiket secara online. "Cashless masih dapat digunakan untuk penumpang yang go show melalui vending machine," jelas Ira.
Penerapan online ticketing dimulai untuk 4 pelabuhan yaitu: Merak-
Bakauheni, dan Ketapang-Gilimanuk. Dengan sistem online ticketing, menurut Ira dids,pingi Direktur Kuenagan Djunia Satriawan angkutan penyeberangan semakin mudah dan kecepatan memperoleh tiket.
Selain itu, Ira melanjutkan, penerapan diferensasi tarif relatif lebih cepat dan mudah. Pejabat BUMN itu menambahkan, manajemen ASDP ingin memberikan keleluasaan kepada pengguna jasa untuk mengatur waktu keberangkatan.
"Dan yang pasti, adalah membantu mengurangi antrean di pelabuhan (pembelian tiket go show)," terang putri asal Malang itu lagi.
Sosialisasi ke Masyarakat
Pihak ASDP, menurut Ira, sudah melakukan sosialisasi dengan berbagai cara dan lokasi strategis.
"Billboard dan MMS Running Text pada jalan tol: Tol Karang Tengah, Tol Cikupa, Exit Tol Merak, Tol Probolinggo-Banyuwangi, Tol Bakauheni bufferzone KM 20 dan KM 33," sebut dia.
Ira menambahkan, selain itu juga spanduk, flyer di area pelabuhan pilot project serta sosial media dan Website PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero).
Dalam waktu dekat, Ira menambahkan, akan dilakukan sosialisasi secara massive kepada pengguna jasa angkutan penyeberangan di pelabuhan Merak, Bakauheni, Ketapang, Gilimanuk, dan toll gate jalan toll terdekat melalui media mainstream, spanduk, banner dan brosur agar dapat terinfo dengan baik.
"Pembelian tiket secara online dapat dilakukan maksimal 2 (dua) Jam sebelum keberangkatan dan untuk Perubahan atau pembatalan tiket dapat dilakukan paling lambat 48 (empat puluh delapan) jam sebelum jadwal keberangkatan," tegas Ira.(helmi)