Manjakan Nasabah, BTN Siagakan Layanan Self-service di Tiga Lokasi
Kamis, 30 Oktober 2025, 19:55 WIB
BISNISNEWS.id - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) baru-baru ini menjawab tuntutan nasabahnya, dengan menghadirkan konsep layanan self-service dan superstaff, berupa BTN Digital Store.
Layanan yang bertujuan memanjakan nasabahnya utu, secara serentak dihadirkan di tiga lokasi strategis. Yakni Bintaro Jaya, Bumi Serpong Damai (BSD), dan Pantai Indah Kapuk (PIK).
Melalui layanan ini, masyarakat yang akan menjadi nasabah, mengganti kartu dan sebagainya, tidak perlu ribet, tinggal pincet-pincet di mesin digital dalam waktu lima menit selesai.
Nah, lokasinya jelas, yang mau cepat urus administrasi atau sekedar mengupgrade dokumen perbankannya, bisa langsung datang di tiga lokasi itu.
Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu mengatakan, ketiga lokasi tersebut dipilih, karena lokasi tersebut dikenal sebagai area perumahan dan komersial yang tinggi populasinya serta lengkap dengan berbagai aktivitas bisnis.
Nixon berharap, konsep layanan self-service dan superstaff, berupa BTN Digital Store dapat menjadi solusi untuk memberikan layanan lebih cepat dan relevan bagi kebutuhan nasabah sehari-hari, terutama di kawasan urban kota Jakarta.
“Kehadiran tiga outlet digital ini memperkuat komitmen BTN dalam menghadirkan layanan perbankan digital yang modern, mudah diakses, dan relevan dengan kebutuhan nasabah masa kini. Ini merupakan inovasi nyata kami dalam menciptakan pengalaman perbankan yang lebih baik bagi nasabah,” ujar Nixon, dalam keterangan tertulisnya yang diterima redaksi Bisnisnews.id Kamis (30/10/2025).
Sebagai sarana layanan perbankan berbasis teknologi, ungkap Nixon, BTN Digital Store tmendukung kemudahan akses terhadap produk dan layanan BTN di kawasan pusat bisnis dan gaya hidup seperti Bintaro Jaya, BSD, dan PIK.
Ketiga Digital Store ini telah resmi beroperasi sejak Oktober 2025 dan melengkapi tiga outlet digital lainnya yang telah beroperasi lebih awal, yakni Kantor Cabang (KC) Jakarta Kuningan, Kantor Cabang Pembantu (KCP) DPR MPR RI, dan KCP Bursa Efek Indonesia (BEI).
Selain itu, BTN juga telah menghadirkan 13 Digital Store non-permanen di berbagai kota selain Jakarta, yakni Bandung, Malang, Solo, Surabaya, Tangerang, dan Yogyakarta.
Berbeda dengan kantor cabang konvensional, kata Nixon, BTN Digital Store hadir sebagai experience center dengan konsep self-service dan superstaff, sehingga prosesnya dapat lebih efisien dan seamless. Sebagai contoh, nasabah dapat membuka rekening hanya dalam waktu 3-5 menit melalui mesin, jauh lebih singkat dibandingkan pembukaan rekening secara manual yang dapat memakan waktu 20-40 menit.
“Kemudian, untuk mengganti kartu debit hanya butuh sekitar dua menit melalui mesin digital, lebih cepat dibandingkan sebelumnya yang harus secara manual. Kehadiran superstaff di sini hanya untuk memberikan pendampingan personal bila dibutuhkan dan memastikan nasabah tetap dapat merasa nyaman dalam pengalaman digitalnya,” ujar Nixon.
Lebih lanjut, kata Nixon, dengan konsep self-service, nasabah dapat melakukan transaksi perbankan di BTN Digital Store dengan otentikasi biometrik. Adapun pengajuan kredit pemilikan rumah (KPR) dapat diakses secara paperless atau bahkan melalui aplikasi Bale by BTN.
Sejalan dengan aspirasinya untuk menjadi bank transaksional pilihan nasabah, BTN berupaya untuk memperkuat mesin pendanaannya dengan berbagai inovasi, termasuk BTN Digital Store dan aplikasi Bale by BTN. Hingga akhir 2025, BTN menargetkan pembukaan 23 Digital Store di berbagai lokasi strategis, mulai dari kawasan bisnis, kampus, hingga area publik.
Nixon mengatakan, inisiatif digital ini akan memperkuat citra BTN sebagai bank yang adaptif, siap melayani gaya hidup digital yang serba cepat, dan berorientasi pada nasabah. Dengan upaya ini, kata Nixon, BTN diharapkan dapat mempercepat pertumbuhan akuisisi nasabah baru dan menciptakan profitabilitas yang lebih baik di masa mendatang.
“BTN terus berkomitmen untuk menjaga pertumbuhan dana masyarakat dengan biaya dana yang lebih rendah, sehingga inisiatif-inisiatif digital seperti BTN Digital Store dan Bale by BTN serta inovasi untuk pengembangan produk ritel dan korporasi lainnya akan terus kami lakukan,” jelass Nixon. (Hedi S)