Masih Menjadi Market Leader, Jasa Marga Pertahankan Kinerja Positif
Selasa, 24 Oktober 2023, 14:10 WIBBISNISNEWS.id – PT Jasa Marga (Persero) Tbk hingga saat ini masih mempertahankan kinerja positif, yang bukan saja menjadi market leader dalam industri jalan tol tapi juga berkontribusi dalam perekonomian nasional.
Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur mengatakan, empat tahun bertransformasi
untuk Indonesia Maju, Jasa Marga berkomitmen mengelola jalan tol berkelanjutan,
dengan memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna jalan.
Menteri BUMN Erick Thohir menekankan, Transformasi adalah keharusan untuk
menjadikan BUMN semakin sehat, tangguh, profesional, kompetitif dan berkelas dunia.
Jasa Marga Group, ungkap Subakti menjalankan proses bisnis sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku sesuai dengan pemenuhan praktik Good Corporate Governance (GCG).
Hal ini tercermin dalam optimalisasi pelayanan beyond Standar Pelayanan Minimal
(SPM) yang dapat dirasakan pengguna jalan melalui implementasi teknologi digital. Salah
satunya teknologi Intelligent Transportation System (ITS) untuk mengelola pelayanan
jalan tol terintegrasi, sekaligus menjadi pusat informasi lalu lintas.
" Tidak hanya digunakan
petugas Jasa Marga Tollroad Command Center (JMTC), implementasi ITS terdapat
dalam super-app Jasamarga Integrated Digitalmap (JID) yang dapat diakses pengguna
jalan melalui aplikasi mobile Travoy agar dapat mengakses informasi terkini di jalan tol
Jasa Marga Group melalui smartphone,” ujar Subakti
Salah satu kinerja positif yang masih dipertahankan ialah, peningkatan
volume lalu lintas harian rata-rata sampai dengan triwulan III tahun 2023 di jalan tol milik
Jasa Marga Group.
Corporate
Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana menjelaskan, hingga September 2023, realisasi lalu lintas harian (LHR) Jasa
Marga Group mencapai 3,5 juta kendaraan setiap harinya, angka ini naik sebesar 3,71 persen
dibandingkan LHR normal sebelum pandemi COVID-19 di bulan Februari tahun 2020.
“Tiga ruas Jalan Tol Jasa Marga Group dengan LHR tertinggi periode Triwulan III Tahun
2023 (Januari-September) antara lain Jalan Tol Dalam Kota dengan total volume lalu
lintas 541 ribu kendaraan, Jalan Tol Jakarta-Cikampek dengan total volume lalu lintas
452 ribu kendaraan dan Jalan Tol Jagorawi dengan total volume lalu lintas 411 ribu
kendaraan. Bangkitan volume lalu lintas menunjukkan aktivitas masyarakat kembali
normal yang berdampak positif pada pertumbuhan sektor perekonomian,” ujar Lisye.
Dijelaskan, dalam mengelola seluruh proses bisnisnya, Jasa Marga berkomitmen selalu menjunjung
tinggi integritas, prinsip transparansi, profesionalisme serta selalu berpedoman kepada
prinsip GCG dan implementasi Tata Nilai AKHLAK. Sejak tahun 2020, Perseroan
mengimplementasikan SNI ISO 37001 tentang Sistem Manajemen Anti Suap (SMAP). Di
samping itu, Perseroan juga melaksanakan Pengendalian dan Pengelolaan Gratifikasi.
Selain itu, Jasa Marga juga terus melanjutkan kerja sama dengan Jaksa Agung Muda
Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (Jamdatun) sebagai upaya mengoptimalkan
pelaksanaan tugas, fungsi, dan bisnis sebagai BUMN yang bergerak di bidang
pengusahaan jalan tol, serta meminimalisir risiko hukum yang menghambat kinerja
Perseroan, terlebih lagi saat ini terdapat sejumlah proyek strategis nasional yang tengah
dikerjakan Perusahaan.
Jasa Marga juga berhasil meraih tujuh penghargaan AKHLAK Award di ajang Refleksi 2 Tahun AKHLAK BUMN – AKHLAK Award 2 yang diselenggarakan oleh Kementerian BUMN bekerja sama dengan ACT Consulting Internasional pada tahun 2022 lalu.
Penghargaan yang diraih oleh Jasa Marga, yaitu kategori BUMN Klaster Jasa
Infrastruktur dan sebagai satu dari dua BUMN yang berhasil meraih capaian
implementasi pada enam tata nilai AKHLAK dengan lengkap, yaitu Indeks Implementasi
Nilai Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif.(Syam)