Pegawai Pelindo III Adu Inovasi Layanan Berbasis Digital
Senin, 03 Februari 2020, 08:43 WIBBisnis News.id - Manajemen PT Pelabuhan Indonesia III (Pelindo III) berikan peluang bagi para karyawannya untuk menyampaikan gagasan dalam bentuk inovasi di sektor kepelabuhanan.
Ajang kreatif itu pun menghasilkan sejumlah inovator cerdas. Mulai dari layanan proses meeting berbasis digaital, perencanaan tambat dan bongkar muat, informasi ketersediaan tambatan kapal (Magic Berthing).
Ada juga yang menyuguhkan aplikasi pendaftaran online dan informasi waktu tunggu pelayanan dokter farmasi dan estimasi biaya di PHC (Track & Flow PHC), hingga aplikasi mobile terminal yang membantu pengguna jasa mendapatkan informasi dan bertransaksi secara online (Libas).
Tantangan adu kreasi dan inovasi itu digelar pada ajang ‘Inno Reactivation’ berlangsung pada 30 - 31 Januari 2020 di Grha Barunawati, Surabaya.
Direktur Utama Pelindo III Doso Agung mengatakan, semua inovasi di bidang teknologi dan informasi yang dirancang dan dihadirkan ini bukan hanya bermanfaat untuk internal Pelindo III tapi menyajikan layanan yang bisa dirasakan langsung para pengguna jasa.
Semua produk inovasi ini diharapkan semakin meningkatkan produktivitas dan kinerja Pelindo III yang fokus meningkatkan kepuasan para pengguna jasa
Doso mengungkapkan, adu kreativitas berbasis teknologi sejalan dengan Revolusi Industri 4.0 yang menuntut adanya terobosan.
Pelindo III berupaya mengikuti perkembangan zaman, menghadirkan berbagai inovasi pelayanan berbasis teknologi dan informasi,
"Yang terpenting adalah bagaimana para pengguna jasa bisa merasakan langsung kemudahan pelayanan yang lebih cepat dan efisien sehingga produksi mereka juga bisa meningkat. Hal ini secara tidak langsung juga berkontribusi pada peningkatan ekonomi Indonesia,” jelas Doso.
Ketua ALFI Jawa Timur Hengky Pratoko memberikan apresiasi berbagai inovasi pelayanan yang sudah dihadirkan Pelindo III bagi para pengguna jasa.
Hal ini membuat proses kegiatan kepelabuhanan lebih efisien, cepat, dan mudah. Dirinya pun berharap acara seperti ini terus digelar setiap tahunnya dan menggandeng perwakilan pengguna jasa sehingga bisa saling memberikan masukan dan ide bagi kemajuan pelabuhan di Indonesia.
Inno Reactivation juga menghadirkan Head of Logistic Product Gojek, Junaidi sebagai salah satu pembicara. Dalam kesempatan tersebut, Junaidi mengatakan, Pelindo III memiliki potensi cukup besar dalam meningkatkan pelayanan jika bisa memanfaatkan perkembangan teknologi dan informasi.(Ari)