Periode Mudik Lebaran, Tiket KA Jatak Jauh Terjual Sebanyak 1.310.708 Tiket dari 3.443.832 Tiket
Rabu, 26 Februari 2025, 12:32 WIB
BISNISNEWS.id - KAI menyediakan 48.837 perjalanan kereta api selama periode Angkutan Lebaran dari 21 Maret – 11 April 2025 (22 hari.
Vice President Public Relations KAI Anne Purba selain itu KAI juga telah menyiapkan 3.464 unit sarana perkeretaapian, meningkat dari tahun sebelumnya yang berjumlah 3.425 unit.
" Peningkatan ini mencerminkan komitmen KAI dalam meningkatkan layanan dan kapasitas angkutan Lebaran guna memenuhi kebutuhan masyarakat,” ungkap Anne.
Angka penjualan tiket untuk angkutan periode mudik lebaran l, sampai Rabu 26. Februari 2025 sebanyak 1.310.708 tiket KA jarak jauh, atau 38,06 persen dari total 3.443.832 tiket yang disediakan.
Angka ini menunjukkan tingginya permintaan masyarakat untuk perjalanan kereta api selama musim mudik Lebaran,” tambah Anne.
Anne menjelaskan bahwa pelanggan dapat memesan tiket KA jarak jauh sejak H-45 sebelum keberangkatan, sedangkan KA lokal dapat dipesan mulai H-30, dan beberapa layanan lainnya tersedia H-7 sebelum keberangkatan. KAI menyarankan pelanggan untuk segera merencanakan perjalanan mereka agar mendapatkan tiket sesuai jadwal yang diinginkan.
“Bagi pelanggan yang tidak mendapatkan tiket pada hari keberangkatan yang diinginkan, KAI menyarankan untuk memilih alternatif tanggal lain atau memanfaatkan layanan connecting train (kereta lanjutan) guna mencapai tujuan akhir dengan alternatif rute yang tersedia. Dengan fleksibilitas ini, pelanggan memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan tiket,” jelas Anne.
Selain jumlah perjalanan reguler, KAI juga menambahkan 1.080 perjalanan KA tambahan selama masa Angkutan Lebaran 1446 H. Kereta tambahan ini meliputi berbagai kelas layanan, termasuk KA Java Priority yang menawarkan pengalaman perjalanan mewah pada rute Gambir – Yogyakarta PP.
Pelanggan dapat memesan tiket melalui aplikasi Access by KAI dan website kai.id. Untuk kemudahan akses dan informasi lebih lanjut, pelanggan juga dapat menghubungi Contact Center KAI 121 melalui telepon 121/(021) 121, WhatsApp 0811-1211-1121, email cs@kai.id, atau melalui media sosial resmi KAI.
Anne menambahkan, KAI terus berupaya memberikan pengalaman perjalanan yang nyaman, aman, dan berkesan bagi para pelanggan.
Dengan jumlah perjalanan yang ditingkatkan, fasilitas yang semakin baik, serta sistem pemesanan tiket yang mudah diakses, kami ingin memastikan masyarakat dapat melakukan perjalanan mudik dengan lancar dan nyaman. KAI berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan demi pengalaman perjalanan terbaik bagi pelanggan selama mudik,” tutur Anne. (*/Syam)