Petugas Layanan Bandara Soetta Sekarang dilengkapi Komputer Tablet
Senin, 18 Februari 2019, 20:33 WIBBisnisnews.id - Sambut kehadiran penumpang angkutan udara milenial, PT Angkasa Pura II (Persero) - AP II, lengkapi setiap personil petugas pelayanan Bandara Internasional Soekarno-Hatta dengan gadget jenis komputer tablet.
Presiden Direktur AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, saat ini tercatat sekitar 60 persen penumpang transportasi udara adalah kalangan milenial. Komputer tablet yang melengkapi para petugas adalah, satu upaya untuk lebih mempercepat pelayanan kepada para calon penumpang.
Tablet itu digunakan oleh personil Terminal Services (customer services), Aviation Security, dan Safety, Risk & Quality Control. PT AP II (Persero) sebagai pengelola Bandara Internasional Soekarno-Hatta menyebut program ini sebagai Digital Officer (with) Digital Device (DODD).
Presiden Direktur AP II Muhammad Awaluddin mengatakan program DODD membuat permasalahan yang muncul tiba-tiba di lapangan dapat diselesaikan lebih cepat. Penggunaan tablet di tingkat operasional dapat membuat bandara beroperasi lebih efektif dan efisien.
“Dengan dilengkapi tablet, para personil di lapangan akan bekerja lebih cepat untuk menemukan solusi dalam menyelesaikan suatu isu,” kata Awaluddin.
Di samping itu, DODD otomatis meningkatkan Milenial Airport Travel Experience (MATE) bagi penumpang pesawat di bandara yang merupakan salah satu program utama korporasi.
“Sekitar 60 pesen penumpang pesawat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta adalah generasi milenial. Oleh karena itu, kami juga harus menerapkan standar pelayanan yang tepat bagi milenial. Personil yang dilengkapi gadget kami yakini dapat menghadirkan Milenial Airport Travel Experience terhadap para penumpang pesawat,” jelas Awaluddin.
Adapun tablet atau gadget yang digunakan para personil di bandara dilengkapi dengan seluruh aplikasi pendukung kerja yaitu i-Perform, i-Mate App, Flight Management Module, dan aplikasi lainnya yang dibutuhkan untuk proses operasional.
Aplikasi i-Perform khusus digunakan oleh internal AP II guna mengakses berbagai sektor seperti komersil, keuangan, operasional, serta mengelola aktifitas operasional yang dijalankan oleh grup atau mitra usaha.
Sementara itu aplikasi i-Mate yang merupakan singkatan dari _Mobile Airport Travel Experience_, dahulu dikenal dengan Indonesia Airport, merupakan aplikasi mobile guna memberikan pengalaman lebih kepada penumpang pesawat dalam melakukan perjalanan dari dan ke bandara-bandara AP II.
Di dalam aplikasi i-Mate, pengunjung bandara atau penumpang pesawat dapat melakukan mobile check-in, melihat jadwal penerbangan, melihat jadwal transportasi publik, mengetahui tenant komersil di bandara, melaporkan kehilangan barang atau tas, hingga memesan kursi bioskop khusus di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta.
Lalu, Flight Management Module merupakan informasi terkait dengan penerbangan termasuk ketika pesawat berada di bandara.
Program DODD ini bukan hanya diterapkan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, namun di seluruh bandara yang dikelola AP II dengan total device sebanyak 200 unit.
AP II selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pelanggannya secara berkesinambungan hal ini juga dalam rangka meningkatkan rating Skytrax bandara-bandara yang dikelola AP II seperti rating Skytrax Bintang 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta menjadi Bintang 4 bahkan menjadi Bintang 5.
Tahun ini AP II mengalokasikan anggaran investasi kurang lebih sebesar 500 MilIar Rupiah untuk peningkatan sarana, prasarana dan infrastruktur digital untuk meningkatkan pelayanan. (Syam S)