PT Jasamarga Balikpapan Samarinda Optimalkan Keselamatan Pengendara
Kamis, 19 Desember 2024, 07:27 WIBBISNISNEWS.id - Dalam rangka meningkatkan ketertiban dan keselamatan, PT Jasamarga Balikpapan Samarinda (JBS) menggelar kegiatan temu pelanggan pada Jumat (13/12) bertempat di Ballroom Hotel Mercure Samarinda.
Acara yang dikemas dalam kegiatan sosialisasi ini mengusung tema “Sinergi untuk Meningkatkan Keselamatan Pengguna Jalan Tol Balikpapan Samarinda" menghadirkan narasumber dari Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah (Ditlantas Polda) Kalimantan Timur (Kaltim) yaitu Kompol Anggara Rustamyono selaku Kepala Sub Direktorat (Kasubdit) Keamanan dan Keselamatan Ditlantas Polda dan Direktur Operasi PT JBS, Nanang Siswanto. Adapun peserta dalam temu pelanggan merupakan perwakilan dari Dinas Perhubungan Provinsi Kaltim, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BPPJN), Fakultas Teknik Universitas Mulawarman, Organisasi Angkutan Darat, PT Bank Syariah Indonesia dan perwakilan masyarakat pengguna jalan tol.
Dalam pemaparan kesiapan Ruas Tol Balsam menghadapi libur panjang Nataru 2024/2025, Nanang menyampaikan upaya-upaya PT JBS dalam meningkatkan pelayanan bidang lalu lintas, transaksi, preservasi dan informasi.
"Kami sudah berkoordinasi dengan service provider kami untuk memberikan pelayanan prima kepada pengguna jalan, baik dari segi transaksi di gerbang tol, pelayanan lalin, pemeliharaan jalan, dan rest area. Kamipun terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait ” ungkap Nanang.
Diprediksi selama pelayanan libur panjang Nataru 2024/2025, Ruas Tol Balsam akan melayani 256.780 kendaraan. Untuk memastikan pelayanan prima di Ruas Tol Balsam selama libur panjang Nataru 2024/2025, PT JBS menyiagakan enam unit Mobile Costumer Service empat unit ambulans, dua unit kendaraan _rescue_, dan kendaraan derek lima unit.
Sejalan dengan upaya PT JBS dalam mewujudkan keamanan dan keselamatan di Ruas Tol Balsam selama libur panjang Nataru 2024/2025, Kasubdit Keamanan dan Keselamatan Ditlantas Polda Kaltim, Kompol Anggara Rustamyono, juga menyampaikan pesan untuk pengguna jalan tol untuk mewujudkan ketertiban berlalu lintas di jalan tol. “Utamakan keamanan daripada kecepatan” pungkasnya.
Salah satu perwakilan peserta dari kota Samarinda, Supiati, menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan temu pelanggan Ruas Tol Balsam, "Acara temu pelanggan ini sangat berguna karena memberikan wawasan kepada kami dan memberikan wadah untuk kami bisa berdiskusi dengan pengelola tol."
PT JBS mengimbau pengguna jalan tol demi kelancaran dan kenyamanan selama melakukan perjalanan di Ruas Tol Balsam agar memastikan kondisi kendaraan dan stamina pengemudi dalam keadaan prima, memastikan kecukupan saldo kartu uang elektronik, menjaga kecepatan berkendara sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan, menjaga jarak aman antar kendaraan, dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas. Pengguna jalan tol dapat melepas lelah di Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) yang berada di Km 36 arah Samarinda dan Km 37 arah Balikpapan.
Pengguna jalan Ruas Tol Balsam juga direkomendasikan untuk mengunduh aplikasi Travoy yang berfungsi sebagai asisten perjalanan dengan berbagai fitur yang menginformasikan kondisi lalu lintas dan memenuhi kebutuhan pengendara dalam perjalanan di jalan tol.
(*/syam)