PT KAI Mencatat Pendapatan Semester 1/2025 Rp.16,8 T, Proyeksi Akhir Tahun Rp. 36,7 T
Kamis, 28 Agustus 2025, 22:09 WIB
BISNISNEWS.id - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mencatat, pendapatan semester I - 2025 mencapai Rp16,8 triliun atau tumbuh 1,53 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp16,6 triliun.
EBITDA tumbuh 17,6 persen menjadi Rp 4,1 triliun, sementara laba bersih meningkat 7,7 persen menjadi Rp1,2 triliun.
L
Proyeksi total pendapatan hingga akhir tahun ditargetkan mencapai Rp36,7 triliun atau tumbuh sebesar 2 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp35,9 triliun.
Hal ini menegaskan bahwa perencanaan kinerja operasional, pelayanan dan keuangan yang dilakukan oleh KAI dilakukan dengan cermat dan solid.
Dari sisi operasional, KAI terus menjaga tingkat ketepatan waktu (On-Time Performance/OTP) pada level tertinggi. Pada KA Penumpang, keberangkatan mencapai 99,51 persen dan kedatangan 96,24 persen.
KA Barang
Sementara itu, pada KA Barang, keberangkatan mencapai 96,76 persen dan kedatangan 90,13 persen atau meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.
Dilaporkan, sepanjang Januari –Juli 2025, KAI Group berhasil melayani 286 juta pelanggan atau tumbuh 9 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Angka ini merupakan bagian dari kepercayaan masyarakat yang semakin tinggi terhadap kereta api sebagai moda transportasi andalan.
Direktur Utama KAI, Bobby Rasyidin, menegaskan, capaian ini adalah hasil konsistensi perusahaan dalam menjalankan transformasi yang berkelanjutan.
“KAI tidak hanya menjaga stabilitas keuangan, tetapi juga terus membangun fondasi untuk masa depan transportasi Indonesia. Fokus kami adalah menciptakan sistem transportasi yang terintegrasi, berkelanjutan, dan memberikan nilai tambah bagi perekonomian nasional. Kami yakin, keberlanjutan kinerja ini akan memperkuat posisi KAI sebagai pilar penting dalam pembangunan negeri,” ujar Bobby.
Vice President Public Relations KAI, Anne Purba, menambahkan bahwa pencapaian ini sekaligus menjadi motivasi untuk semakin dekat dengan pelanggan.(Syam)