Skytrax World Airport, Bandara Soekarno-Hatta Naik Peringkat Dunia
Jumat, 29 Maret 2019, 11:35 WIBBisnisnews.id - Bandara Internasional Soekarno-Hatta berhasil naik ke peringkat 40 atau menjadi Top 40 World’s Best Airport in The World versi Skytrax World Airport Awards 2019.
Posisi tersebut lebih baik dibandingkan dengan tahun 2018 yang berada di peringkat 45, lalu tahun 2017 di peringkat 44, dan tahun 2016 di peringkat 63. Penghargaan lain diraih Bandara Internasional Soekarno-Hatta adalah Top 10 Best Airport Staff in Asia 2019.
Peringkat yang diraih Bandara Internasional Soekarno-Hatta juga lebih baik dibandingkan dengan Bandara Dunia lainnya. Seperti Bangkok Suvarnabhumi (46), Toronto Pearson (50), Kuala Lumpur Malaysia (54), Los Angeles (71), Boston Logan (80), Prague (97) dll.
Skytrax World Airport Awards 2019 sendiri merupakan survei yang menilai kepuasan traveler terhadap pelayanan dan fasilitas di 550 bandara di seluruh dunia.
Sebelumnya enam bandara AP II mendapat anugerah dar Airport Council International ditahun 2019. Yaitu Sultan Thaha Jambi, Depati Amir Pangkal Pinang, Sultan Mahmud Baddaruddin II Palembang, Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Silangit Siborong-Borong dan Raja Haji Fisabilillah Tanjung Pinang.
Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin mengatakan, ini merupakan bentuk dari kerja keras dan komitmen dari seluruh stakeholder Bandara Internasional Soekarno-Hatta.
Seluruh elemen membantu meningkatkan pelayanan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, mulai dari internal AP II hingga maskapai, bea dan cukai, imigrasi, karantina, kepolisian, ground handling, airnav, TNI, POLRI dan stakeholder lainnya.
“Ke depannya kami menargetkan peringkat Bandara Internasional Soekarno-Hatta di dalam daftar 30 besar bandara terbaik di dunia dapat terus meningkat sehingga dapat selalu menjadi etalase yang membanggakan bagi Indonesia,” jelas Awaluddin.
Berbagai fasilitas baru saat ini juga telah tersedia di Bandara Internasional Soekarno-Hatta guna meningkatkan pelayanan bagi para traveler.
Fasilitas tersebut antara lain Kalayang/Skytrain yang memudahkan perpindahan penumpang antar terminal, kereta bandara, wifi berkecepatan tinggi, _baggage handling sistem_ terkini yang menjamin ketepatan waktu pengantaran bagasi, beragamnya tenant, adanya pelayanan cepat oleh staf bandara menyusul diluncurkannya Digital Officer with Digital Device (DODD).
Disamping itu, traveler juga dapat dengan mudah mencari tahu beragam informasi terkait Bandara Internasional Soekarno-Hatta melalui aplikasi "INairPort".
Aplikasi tersebut dapat digunakan untuk mobile check-in, melihat jadwal penerbangan, melihat jadwal transportasi publik, mengetahui tenant komersil di bandara, melaporkan kehilangan barang atau tas Bandara Internasional Soekarno-Hatta. (*/Jam)