Staf Frontliners Bandara Soekarno-Hatta Terbaik se-Asia
Rabu, 16 April 2025, 17:38 WIB
BISNISNEWS.id - Skytrax, lembaga riset dan konsultan di sektor penerbangan global, menobatkan staf pelayanan di Bandara Soekarno-Hatta Tangerang sebagai salah satu yang terbaik di Asia, kategori Best Airport Staff in Asia 2025.
Lembaga yang bermarkas di London Inggris tersebut beralasan, Staf frontliners Bandara Soekarno-Hatta sangat layak mendapatkan penghargaan, karena memiliki kualitas terbaik dari sisi sikap (attitude), keramahan (friendliness) dan efisiensi (efficiency) dalam melayani penumpang pesawat.
Selain Staf Bandara Soekarno-Hatta, penghargaan serupa juga diberikan kepada sembilan bandara lainnya pada ajang World Airports Awards yang digelar Skytrax di Spanyol, 9 April 2025.
Penilaian dilakukan dengan dua metode yakni survei terhadap penumpang pesawat dan audit langsung tim Skytrax.
Staf pelayanan di Bandara Soekarno-Hatta antara lain terdiri dari customer service, aviation security, baggage handling officer, buggy car assistance, special needs assistance dan Terminal Operation Control (TOC).
Di samping itu, terdapat juga staf pelayanan dari stakeholders lain yakni petugas konter check in maskapai, petugas imigrasi, staf tenant komersial (F&B dan ritel), petugas layanan transportasi publik seperti taksi, dan personel lain yang berinteraksi langsung dengan pelanggan.
Direktur Utama PT Angkasa Pura Indonesia (InJourney Airports) Faik Fahmi mengatakan pencapaian ini merupakan hasil transformasi yang dijalankan perseroan khususnya pada pilar People.
Faik mengatakan, sukses mengubah orientasi kerja dari operational oriented menjadi customer oriented untuk memastikan sumber daya manusia khususnya frontliners dapat memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna jasa bandara.
“Staf bandara berperan sangat penting sebagai ujung tombak pelayanan di lini terdepan. Kami berterima kasih kepada seluruh staf Bandara Soekarno-Hatta yang telah memberikan pelayanan terbaik, dan predikat Best Airport Staff in Asia 2025 pantas mereka sandang,” ujar Faik.
Sejumlah inovasi telah diperkenalkan untuk memperkuat para staf bandara dalam memberikan pelayanan.Salah satunya adalah dibentuknya unit Airport Customer Services di Bandara Soekarno-Hatta yang bertanggung jawab memastikan staf bandara dapat memberikan informasi akurat kepada pengguna jasa bandara, menangani keluhan dengan baik, serta memberikan service recovery secara cepat dan tepat.
Guna memastikan tujuan tersebut tercapai, unit ini menjalankan program Voice of Customer yang menghimpun data-data dari pengguna jasa untuk kemudian dianalisis guna pemetaan kebutuhan pengguna jasa, menghadirkan layanan yang relevan, dan menindaklanjuti aspirasi pengguna jasa.
Indonesian Hospitality
InJourney Airports menetapkan standar Indonesian Hospitality untuk layanan yang diberikan oleh staf bandara kepada pengguna jasa bandara.
“Pendekatan Indonesian Hospitality adalah keberagaman budaya Indonesia, kesopanan, sikap tolong menolong dan kerja sama, kepedulian, professional, semangat untuk menjadi lebih baik, amanah dan bertanggung jawab,” ujar Faik.
Standar Indonesian Hospitality di lingkungan InJourney Airports memiliki pedoman HEART yang memiliki akronim _Hospitable, Emphatetic, Authentic, Responsible dan Trustworthy._
Implementasi HEART adalah staf bandara dalam bertugas harus menjaga penampilan, sikap dan perilaku, menyapa pelanggan dengan senyuman dan ramah, membantu pelanggan dengan tulus dan antusias, serta memahami kebutuhan pelanggan.
“Indonesian Hospitality sangat penting di bandara-bandara InJourney Airports. Untuk itu, seluruh staf bandara tanpa terkecuali mengikuti pendidikan dan pelatihan Indonesian Hospitality supaya memenuhi kriteria yang diperlukan,” ungkap Faik.
Melalui penerapan HEART dalam bertugas, staf bandara juga harus mengetahui dengan baik proses bisnis perusahaan supaya bisa memberikan pelayanan yang dapat dipercaya.
Inovasi terbaru berikutnya yang diperkenalkan InJourney Airports adalah diluncurkannya seragam baru bagi personel customer service, aviation security dan baggage handling officer. Seragam baru ini didominasi warna merah marun yang lebih cerah dan ramah untuk meningkatkan kenyamanan dan kesan lebih bersahabat agi penumpang pesawat. (Syam)