T3 Bandara Soetta Fasilitasi #Jelajah Indonesia Lebih Dekat
Jumat, 26 Oktober 2018, 14:01 WIBBisnisnews.id - Terminal 3 ultimate (T3) Bandara Internasional Soekarno -Hatta menjadi titik lokasi bagi perusahaan penyedia aplikasi transportasi Grab bersama Kementerian Pariwisata saat meluncurkan kampanye #Jelajah lndonesia Lebih Dekat untuk mendukung program Wonderful Indonesia (WI) Jum'at (26/10/2018).
Sebagai pintu gerbang Indonesia menuju ibu kota, T3 Soekarno-Hatta menjadi lokasi strategis dalam mendukung program pemerintah "WI" yang akan mendatangkan 17 juta wisatawan mancanehara pada tahun ini dan 20 juta wisatawan pada 2019.
Peluncuran kampanye di T3 Bansara Soekarno-Hatta ini merupakan tindak lanjut dari, penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Grab dengan Kemenpar untuk menghadirkan smart tourism sebagai bentuk dukungannya terhadap program WI pada September 2018 lalu.
Acara yang dihadiri tokoh penting 'WI' yaitu Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya, Managing Director Grab lndonesia Ridzki Kramadibrata, Ketua II Tim Co-branding Kemenpar Priyantoro Rudito, serta Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin.
Menpar Arief Yahya menyambut baik kerja sama dengan Grab untuk mendukung program WI melalui strategi smart tourism, dimana kemitraan Grab dengan bandara dan destinasi terkemuka di Tanah Air menghadirkan pengalaman digital yang mulus kepada para wisatawan.
“Kemajuan dunia digital memiliki peran yang sangat penting bagi kegiatan promosi industri pariwisata. Kami berharap kolaborasi ini dapat mewujudkan target pemerintah untuk mendatangkan 17 juta wisman pada tahun ini dan meningkat menjadi 20 juta wisman pada tahun 2019,” Arief.
Menurut Arief, luasnya jangkauan Grab yang tersebar di delapan negara di Asia Tenggara (Singapura,Indonesia, Filipina, Malaysia, Thailand, Vietnam, Myanmar, dan Kamboja) akan menarik kunjungan wisatawan ke Tanah Air melalui beragam program promosi interaktif.
“Grab juga telah melakukan Cobranding Wonderful Indonesia di berbagai layanan konten informasi, dan promosi interaktif yang berkaitan dengan destinasi wisata Tanah Air melalui tersedianya platform Grab termasuk Sewa GrabCar, GrabDaily, GrabFood, dan Grab Rewards,” kata Arief.
Managing Director Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata mengatakan, kerjasama strategis dengan Kemenpar dalam mendukung program WI ini tertuang dalam master plan 2020 ‘Grab 4 Indonesia’.
“Peluncuran kampanye #JelajahIndonesiaLebihDekat hari ini menunjukkan kepercayaan dan dukungan Kemenpar kepada Grab untuk turut berkontribusi dalam pencapaian target sektor pariwisata sebagai penyumbang utama devisa negara,” kata Ridzki.
“Dengan jangkauan kami yang luas dan basis pengguna yang mencapai ratusan juta di 8 negara Asia Tenggara, kami percaya Grab dapat turut menyukseskan program WI guna mengembangkan potensi Indonesia sebagai kekuatan ekonomi baru dunia,” tambahnya.
Sebagai wujud dukungan terhadap program WI, Ridzki menjelaskan lebih lanjut, Grab akan menghadirkan serangkaian program dan fasilitas menarik yang terangkum dalam program ‘Grab Smart Tourism’ #JelajahlndonesiaLebihDekat.
Diantaranya, memberikan pengalaman wisata bernilai tambah kepada ratusan juta wisatawan domestik dan mancanegara melalui pemanfaatan teknologi digital yang dimiliki Grab antara lain, kemudahan akses transportasi khususnya bagi para wisatawan.
“Para wisatawan domestik maupun mancanegara dapat menyewa kendaraan selama 4 – 12 jam dengan mitra pengemudi yang terlatih untuk menjelajahi keindahan Nusantara dengan aman, nyaman dan biaya terjangkau,” kata Ridzki.
Grab juga membekali para mitra pengemudi dengan beragam keterampilan dan wawasan untuk menjadi pemandu wisata dan bersertifikat ‘Wonderful Indonesia’.
“Program sertifikasi ini juga akan meningkatkan keamanan perjalanan bersama Grab sejalan dengan komitmen Grab terhadap keselamatan penggunanya,” tutup tuturnya. (Syam S)