Tiga Bandara AP I Raih Airport Service Quality Awards
Jumat, 14 September 2018, 07:20 WIBBisnisnews.id - Airports Council International (ACI) memberikan lima penghargaan prestisius tingkat dunia Airport Service Quality (ASQ) Awards 2017 untuk tiga bandara PT Angkasa Pura I (Persero).
Seremonial penganugerahan penghargaan ini diserahkan langsung oleh Direktur Jenderal ACI World Angela Gittens kepada Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi di Halifax, Nova Scotia, Kanada, Rabu (12/9/2018) lalu, dalam rangkaian kegiatan “ASQ Customer Excellence Global Summit” yang diikuti oleh 127 otoritas dan pengelola bandara dari seluruh dunia.
Ketiga bandara Angkasa Pura I yang meraih penghargaan ASQ Awards 2017 adalah Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali (menyabet tiga penghargaan sekaligus), Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, dan Bandara Juanda Surabaya.
ASQ Awards merupakan penghargaan tahunan tertinggi bagi bandara-bandara dengan tingkat pelayanan terbaik di dunia oleh ACI, sebuah organisasi kebandarudaraan global yang berbasis di Montreal, Kanada.
Penilaian ASQ Awards dilakukan berdasarkan survei kepuasan terhadap layanan bandara. Sekitar 600 ribu pengguna jasa bandara menjadi partisipan survei ini setiap tahunnya.
Sejak 2006, ASQ telah melakukan pengukuran kepuasan pengguna jasa bandara, dengan lebih dari 340 bandara yang berpartisipasi di 85 negara.
Metodologi ilmiahnya berupa prosedur kontrol kualitas yang ketat, dan komitmen terhadap ketidakberpihakan menjadikan survei ASQ sebagai standar global untuk mengukur kepuasan pengguna jasa.
Direktur Jenderal ACI World Angela Gittens memgatakan, bandara adalah bisnis yang kompleks, yang menawarkan berbagai macam produk dan layanan kepada miliaran penumpang yang bepergian melalui bandara setiap tahun.
Dalam lanskap industri yang cepat berubah ini, ACI menyediakan alat ukur dan informasi manajemen untuk lebih memahami pandangan pengguna jasa dan apa yang mereka inginkan. Bandara mengakui betapa pentingnya meningkatkan ‘customer experience’ karena para penumpang yang selalu menuntut pelayanan yang lebih baik.
Dalam program strategisnya, PT Angkasa Pura I (Persero) merencanakan peningkatan kapasitas total di seluruh bandara yang dikelolanya sampai dua kali lipat dalam lima tahun kedepan. Dimana secara paralel kualitas layanan menjadi salah satu prioritas yang terus ditingkatkan dengan target menjadi salah satu yg terbaik di skala global.
“Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi atas komitmen perbaikan terus menerus terhadap bandara-bandara PT Angkasa Pura I (Persero) dalam meningkatkan _level of service_ dan menciptakan _customer experience_ bagi para pengguna jasa bandara," jelasnya. (Ismadi)