Tingkatkan Standar Pelayanan dan Operasional , AP1 Gandeng IATA
Kamis, 14 September 2023, 10:19 WIBBISNISNEWS.id – PT Angkasa Pura I (AP1) bersama asosiasi maskapai penerbangan dunia, International Air Transport Association (IATA), jajaki kerjasama peningkatan pelayanan dan operasional.
Kerjasama itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) oleh Direktur Utama AP1 Faik Fahmi dan Wakil Direktur Regional Asia-Pasifik IATA Philip Goh, pada Rabu (13/9/2023) siang, di Kantor Pusat AP1 di Kemayoran, Jakarta.
Nota kesepahaman merupakan langkah awal bagi kedua pihak untuk menjalin kerja sama dalam meningkatkan pelayanan dan operasional di bandara-bandara yang dikelola AP1.
Direktur Utama AP1 Faik Fahmi menyatakan, kesepakatan yang dibuat ini akan mempererat kerja sama yang sebelumnya telah dilakukan pada 2015 terkait peningkatan kapasitas dan kapabilitas SDM AP1 melalui berbagai macam pelatihan.
Di antaranya adalah dalam bidang operasional bandara dan pengelolaan bidang komersial.
"Saat ini, AP1 tengah menjalankan Program Transformasi Perusahaan yang terdiri atas empat pilar, salah satunya adalah pilar _Organization and Culture_, dengan tujuan untuk mengembangkan SDM dan budaya di dalam perusahaan. Melalui kolaborasi ini, kami berharap AP1 akan dapat memperoleh berbagai manfaat positif melalui program pelatihan, kursus, dan layanan konsultasi bidang aviasi," jelas Faik Fahmi.
Melalui penandatanganan nota kesepahaman tersebut, AP1 dan IATA menyepakati beberapa hal yang menjadi ruang lingkup dan bentuk kerja sama, di antaranya adalah pelatihan terkait strategi peningkatan kualitas dan kapabilitas SDM, layanan konsultasi untuk peningkatan standar keselamatan dan pelayanan bandara, layanan konsultasi terkait strategi keuangan, serta layanan data intelijen bisnis untuk lalu lintas angkutan udara.
Sedangkan Wakil Direktur Regional Asia-Pasifik IATA Philip Goh menyatakan dukungan penuh untuk kolaborasi dengan AP1. "Perkenankan kami untuk menyatakan bahwa IATA sangat mendukung upaya apapun untuk mewujudkan ekosistem aviasi menjadi lebih kuat, lebih aman, lebih efisien, dan berkelanjutan. IATA juga siap untuk melanjutkan kolaborasi dengan AP1 untuk mendukung perwujudan visi AP1 yakni _Connecting the world beyond airport operator with Indonesian experience_," tuturnya.
"Kami merasa bersyukur dan berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada kami sehingga kami bisa mendukung dan meningkatkan kerja sama bisnis dengan AP1 melalui penandatanganan nota kesepahaman ini," lanjut Philip Goh.
Sebagai asosiasi maskapai penerbangan internasional yang beranggotakan sekitar 300 maskapai penerbangan atau 83% dari total lalu lintas udara, IATA selama ini telah banyak mendukung di berbagai bidang dalam industri aviasi serta membantu merumuskan kebijakan industri penerbangan melalui data dan infomasi strategis yang disediakan IATA. AP1 sebagai perusahaan pengelola bandara di Indonesia pun turut menggunakan data yang disediakan IATA untuk proyeksi trafik yang digunakan untuk merumuskan kebijakan strategis, utamanya pada periode pandemi Covid-19.
"Kerja sama yang selama ini terjalin dengan IATA juga memiliki peran yang sangat positif bagi AP1, di mana selama periode pandemi Covid-19, IATA telah banyak memberikan informasi dan data yang kami gunakan dalam proyeksi recovery rate trafik. (Syam)