Dirjen Polana : Bandara Soetta Telah Melakukan Penyesuaian Teknologi
Rabu, 11 Desember 2019, 09:13 WIBBisnisNews.id - Industri penerbangan nasional saat ini telah mengadopsi revolusi industri 4.0, seperti di Bandar Udara Soekarno Hatta dengan mentransformasi digital terhadap pelayanan dan keamanan bagi para penumpang dan stakeholder.
Direktur Jenderal Perhubungan Udara Polana B Pramesti mengapresiasi terobosan yang dilakukan Bandar Udara Soekarno Hatta sebagai bandara terbesar di Indonesia dan salah satu bandara yang masuk dalam urutan 18 kategori bandara tersibuk di dunia tahun 2018.
“Kami mengapresiasi perubahan besar yang telah dilakukan Bandara Soekarno Hatta atas transformasi melalui digitalisasi pelayanan dan keamanan industri penerbangan, semua hal ini dilakukan untuk mengikuti perkembangan teknologi yang terus berkembang sangat cepat di dunia saat ini,” ucap Polana, Rabu (11/12/2019) di Jakarta.
Bandar Udara Sokarno Hatta diharapkan dapat menjadi role model untuk bandara lain yang sehingga dapat mengikuti transformasi digitalisasi yang telah di terapkan
“Kami mendorong tidak hanya Bandara Soekarno hatta yang bertrasformasi untuk menghadapi revolusi 4.O kami berharap bandara – bandara lain dapat mengikuti terobosan yang telah dilakukan bandara Soekarno Hatta, terutama bandara – bandara besar yang ada di Indonesia,” tutu4 Polana.
Bandara Soekarno Hatta telah menerapkan transformasi digital untuk aspek pelayanan dan operasional. (Ari)
Berikut lokasi penerapan pelayana dihital di Bandara Soekarno-Hatta :
• Airport Operation Control Center (AOCC) Gedung AOCC yang terletak di komplek Bandara Soekarno Hatta dimana personel yang bertugas berasal dari Otoritas Bandara Wilayah I Soekarno Hatta, PT. Angkasa Pura II, Bea dan Cukai serta seluruh stakeholder penerbangan di wilayah Soekarno Hatta.
• Terminal Operation Center (TOC)
TOC terletak di seluruh terminal di Bandara Soekarno Hatta adalah pos komando untuk memantau unit operasional, keamanan dan pelayanan berjalan dengan baik.
• Self Boarding Gate
Bandara Soekarno Hatta telah menyediakan self boarding gate di Terminal 3 Soekarno-Hatta agar operasional maskapai dapat lebih efisien dan efektif
Dan akan semakin bertambah lagi pelayanan digital yang di terapkan di Bandar Udara Soekarno Hatta.