Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Makassar Terima Sertifikat ISO 9001
Rabu, 05 Februari 2020, 16:38 WIBBisnisNewss.id -- Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Makassar (OP Makassar), Rahmatullah menerima Sertifikat ISO 9001. Penghrgaan itu diterima di sela-sela pembahasan Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian/ Lembaga di Surabaya, Rabu (5/2/2020).
Penyerahan sertifikat diakukan oleh perwakilan dari Lloyd Register Perwakilan Surabaya, Maria Siswidayati. Sementara, dalam penyerahan sertifikat ISO 9001 itu Kepala OP Utama Makassar didampingi oleh Kabid Renbang, Rahmatullah Bambang Sutrisna dan beberapa pejabat eselon IV dan staf.
Dengan ISO 9001 yang diterima Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Makassar, membuktikan bahwa unit pelaksana teknis (UPT) Ditjen Perhubungan Laut untuk telah memenuhi kualifikasi international. Baik dalam proses adinistrasi, pelayanan atau produk barang/ jasa yang dihasilkan.
Seperti diketahui, audit tahap 1 untuk mendapatkan sertifikat ISO 9001 telah dilaksanakan sejak tanggal 7 - 9 November 2019. Kemudian dilanjutkan dengan audit tahap 2 tanggal 26 - 28 Desember 2019.
Pada tahap audit tersebut tidak ada temuan yang signifikan, sehingga Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Makassar layak mendapatkan Sertifikat ISO 9001.
Sertifikat ISO 9001 merupakan standar internasional di bidang sistem manajemen mutu. Suatu lembaga/ organisasi yang telah mendapatkan akreditasi ISO (pengakuan dari pihak lain yang independen), dapat dikatakan telah memenuhi persyaratan internasional dalam hal sistem manajemen mutu produk/ jasa yang dihasilkannya.
Ruang Lingkup Otoritas Pelabuhan
Sementara, ruang lingkup yang diaudit di Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Makassar adalah terkait administrasi perkantoran untuk pelayanan jasa kepada pelanggan dan stakeholder lainnya.
ISO 9001 bersifat generik, artinya standar yang sama dapat diterapkan pada berbagai organisasi, baik besar atau pun kecil, apapun produk dan layanannya, dalam berbagai aktivitas suatu sektor, apakah itu perusahaan swasta, layanan publik atau departemen pemerintahan.
Sistem manajemen ISO 9001 mengacu pada apa yang telah organisasi lakukan untuk mengelola proses atau aktivitas. Dengan begitu, produk atau jasa yang dihasilkan memenuhi tujuan yang telah ditetapkannya sendiri.
Mereka itu seperti:
1. Memenuhi persyaratan kualitas pelanggan,
2. Sesuai dengan peraturan, atau
3. Tujuan perusahaan atau organisasi tersebut, dan
4. Sasaran Mutu Organisasi (Bams/helmi)