Pelindo III Terapkan Pelayanan Kapal dan Bongkar Muat Berbasis Internet
Kamis, 19 Desember 2019, 08:42 WIBBisnisNews.id – PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III terapkan sistem pelayanan berbasis internet bernama Port Operation Command Center (POCC) secara serempak di empat regional. Yaitu, Jawa Timur, Jawa Tengah, Balinusra dan Kalimantan.
POCC yang diluncurkan sejak 17 Desember 2019 tersebut, beroperasi selama 24 jam non-stop tersebut merupakan sistem layanan digital berbasis internet milik Pelindo III yang mengatur seluruh aktivitas kepelabuhan. Baik bongkar muat maupun jadwal sandar kapal di pelabuhan.
Direktur Utama Pelindo III Doso Agung menjelaskan, sistem ini akan menghubungkan antara petugas Pelindo III, stakeholder pelabuhan dan mitra bisnis atau pemilik kapal dalam satu layanan,sehingga semakin mempermudah proses koordinasi di pelabuhan.
Terobosan penting dibidang pelayanan ini, kata Doso Agung, akan menambah cepatnya pelayanan. Para pemilik barang juga dapat mengetahui posisi barang yang dikapalkan.
“ Nantinya para mitra bisnis tidak perlu lagi repot harus datang ke pelabuhan hanya sekedar koordinasi kapal sandar atau bongkar muat karena semua bisa di lakukan dalam POCC ini. Tentunya kami dari Pelindo III selalu berupaya meningkatkan kenyamanan serta pelayanan kepada para mitra bisnis kami demi kemajuan bersama dan berharap semua pihak bisa memanfaatkan terobosan ini dengan maksimal,” tegas Doso Agung.
Fungsi POCC ialah mengintegrasikan sistem internal seperti TOS (operasional terminal), Vasa (pelayanan kapal), Anjungan (pelayanan tagihan), dan lainnya, dengan sistem eksternal, seperti Inaportnet (sistem informasikepelabuhanan).
" Pada intinya POCC akan mengintegrasikan sistem-sistem internal dan eksternal, agar saatada unusual condition yang mungkin terjadi di operasional pelabuhan yang sangat kompleks ini, ada sentuhan intelegensia manusia yang selalu siaga di pusat kontrol untuk memberikan solusi dengan cepat dan tepat,” imbuh Doso Agung.
POCC sebagai pusat informasi seluruh kegiatan operasional di pelabuhan akan mendorong ketepatan perencanaan sandar dan bongkar muat kapal, mengurangi waiting time, serta meminimalisasi idle time dan not operation time, sehingga secara total akan menekan Turn Round Time (TRT). Selain itu juga diharapkan dapat mencapai one day billing (penerbitan tagihan dalam satu hari), sehingga proses bisnis dapat berlangsung lebih cepat.
Sebelumnya Pelindo III sudah terlebih dahulu meluncurkan dan mengujicobakan layanan POCC di regional Jawa Timur pada 6 Desember 2018, dan hasilnya dalam evaluasi selama beroperasi layanan ini mampu memperingkas waktu pelayanan rata rata hingga 30 persen dibandingkan dengan sistem sebelumnya.
Direktur Utama Pelindo III Doso Agung pun menegaskan jika layanan POCC ini mulai hari ini resmi bisa di manfaatkan oleh seluruh Regional Pelindo III. (Ari)