Penumpang Mudik Lebaran di 13 Bandara AP II Naik 4 Persen
Selasa, 06 Juni 2017, 15:36 WIBBisnisnews.id-Jumlah pennumpang angkutan lebaran 2017 yang berangkat melalui bandara PT Angkasa Pura II diperkirakan naik sebesar 4 persen atau 6,90 juta penumpang, dibanding periode yang sama tahun lalu.
Arus mudik tahun ini atau H-10 hingga H-1 diperkirakan mencapai 3,45 juta penumpang. Pada lebaran hari pertama (H1) dan hari kedua (H2) diperkirakan sebanyak 537.146 penumpang, dan pada arus balik atau H+1 hingga H+15 hingga 2,91 juta penumpang.
Adapun jumlah penumpang di Bandara Internasional Soekarno-Hatta diprediksi mencapai 4,02 juta penumpang atau hampir 60 persen dari total penumpang pada masa angkutan lebaran tahun ini.
Sementara itu hingga hari ini maskapai telah mengajukan penerbangan tambahan atau extra flight sebanyak 2.663 penerbangan untuk seluruh 13 bandara yang dikelola AP II.
President Director PT AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, program layanan melalui aplikasi Indonesia Airports di smartphone akan memudahkan penumpang melakukan perjalanan.
Artinya, para pemudik dapat mengetahui berbagai informasi penting sebelum melakukan perjalanan atau sesaat setelah tiba di bandara tujuan.
"Kami juga berharap kepadatan penumpang di bandara pada masa angkutan lebaran tahun ini dapat lebih terurai karena beroperasinya terminal-terminal baru khususnya Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta," jelas Awaluddin.
Bandara Internasional Soekarno-Hatta juga dilengkapi dengan area parkir inap yang terletak di area perkantoran dan Terminal 1. Penumpang pesawat juga dapat melakukan reservasi parkir inap melalui aplikasi Parkir Inap CGK yang dapat diunduh di Google Play Store.
Bagi pengguna transportasi publik, saat ini Bandara Internasional Soekarno-Hatta dilengkapi JAConnexion yang diinisiasi oleh Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek atau BPTJ. JAConnexion adalah layanan bus premium dengan rute dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta ke hotel-hotel serta pusat perbelanjaan, dan sebaliknya.
"JAConnexion merupakan solusi cepat yang dapat meningkatkan standar pelayanan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta serta salah satu upaya dalam mengurangi penggunaan kendaraan pribadi ke bandara. Kami sangat berterimakasih kepada Kementerian Perhubungan dan BPTJ yang datang dengan inovasi ini sehingga juga dapat membantu kebutuhan transportasi dari dan menuju bandara di saat angkutan lebaran ini," jelasnya. (Syam S)