Selama Periode Angkutan Lebaran 20 Bandara AP II Sukses Layani 4,07 Juta Penumpang
Sabtu, 20 April 2024, 18:48 WIBBISNISNEWS.id - Seluruh bandara PT Angkasa Pura II selesaikan tugas pelayanan angkutan Lebaran 2024 dengan total penumpang yang dilayani di 20 bandara yang dikelolanya sebanyak 4,07 juta.
VP of Corporate Communication PT Angkasa Pura II Cin Asmoro mengungkapkan, secara umum, pelayanan di 20 bandara yang dikelolanya cukup sukses
Adapun indikator kesuksesan angkutan lebaran di bandara AP II dapat dilihat dari hasil laporan evaluasi posko tersebut.
Indikator kesuksesan tersebut mengacu kepada terpenuhinya kapasitas (capacity), tercapainya ketepatan waktu operasional (punctuality), serta peningkatan standar pelayanan (service ability).
";Selama pelayanan angkutan Lebaran, kami bersama stakeholder terkait melakukan koordinasi dan evaluasi, di posko monitoring angkutan lebaran yang ada di 20 bandara," kata Cin.
Posko monitoring Angkutan Lebaran 2024 di 20 bandara PT Angkasa Pura II resmi ditutup pada 19 April 2024, sejak dibuka pada 4 April 2024.
“Dibuka sejak 3 April 2024, posko resmi ditutup pada 19 April 2024, sejalan juga dengan penutupan posko terpadu angkutan lebaran Kementerian Perhubungan yang resmi ditutup Menteri Perhubungan pada 19 April.”
Lebih lanjut, Cin Asmoro menuturkan posko di bandara AP II setiap harinya melakukan evaluasi untuk perbaikan di hari-hari berikutnya selama angkutan lebaran.
“Posko di bandara AP II merupakan wadah bagi seluruh stakeholder untuk berkolaborasi dan berkoordinasi guna memastikan kelancaran angkutan lebaran,” ujar Cin Asmoro.
Terkait dengan pemenuhan kapasitas, seluruh bandara AP II memastikan adanya slot time (ketersediaan waktu keberangkatan dan kedatangan penerbangan di bandara), bahkan jika bandara harus memperpanjang jam operasi.
“Terdapat 3 bandara AP II yang beroperasi 24 jam, yakni Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang), Bandara Halim Perdanakusuma (Jakarta) dan Bandara Kualanamu (Deli Serdang). Sementara 17 bandara lainnya bersiapa 24 jam, apabila diperlukan adanya penerbangan jam berapa pun,” ujar Cin Asmoro.
Sejalan dengan pemenuhan kapasitas ini, total bandara AP II menyediakan hingga 2.425 penerbangan tambahan (extra flight) pada angkutan lebaran 2024 atau lebih tinggi 34 persen dibandingkan dengan angkutan lebaran 2023.
Di samping kapasitas yang tersedia untuk memenuhi permintaan penumpang, tingkat keterisian penumpang pesawat (load factor) juga cukup tinggi yakni mencapai rata-rata sekitar 80% untuk setiap penerbangan.
Sementara itu terkait dengan ketepatan waktu operasional (punctuality), bandara-bandara AP II secara umum dapat memenuhi standar waktu untuk berbagai kegiatan seperti misalnya standar waktu pemeriksaan security check point, lalu di area baggage claim dan sebagainya.
“Indikator kesuksesan punctuality juga terlihat dari terjaganya ketepatan waktu penerbangan (on time performance/OTP) di bandara AP II yang rata-rata berkisar 77 persen - 80 persen ” jelas Cin Asmoro.
Adapun terkait dengan pelayanan (service ability), bandara-bandara AP II mampu meningkatkan tingkat pelayanan (level of service) pada angkutan lebaran tahun ini, melalui beragam program aktivasi serta pelayanan personel di terminal penumpang.
“Kami berterima kasih kepada seluruh personel dari berbagai stakeholder yang ada di bandara atas kolaborasi dan koordinasi yang baik dalam memastikan kelancaran dan kesuksesan angkutan lebaran di bandara AP II. Kelancaran angkutan lebaran di bandara AP II juga tidak lepas dari dukungan Kementerian BUMN dan Kementerian Perhubungan, serta masyarakat luas,” ujar Cin Asmoro.
Trafik Penerbangan
Pada periode angkutan lebaran yang berlangsung 3 - 18 April 2024, jumlah pergerakan penumpang di 20 bandara AP II secara kumulatif tercatat 4,07 juta orang atau naik 5 persen dibandingkan dengan periode angkutan lebaran 2023 sebanyak 3,89 juta orang.
Jumlah pergerakan pesawat juga mengalami kenaikan 5% dari sebelumnya 28.108 penerbangan menjadi 29.415.
Khusus di Bandara Soekarno-Hatta yang merupakan bandara terbesar dan tersibuk di Indonesia, jumlah penumpang mencapai 2,50 juta orang atau naik 5 persen. Sedangkan untuk pergerakan pesawat sebanyak 16.961 penerbangan atau naik 4 persen.
Adapun destinasi tersibuk dari Bandara Soekarno-Hatta adalah Denpasar (411.696 penumpang), Medan (307.028 penumpang), Surabaya (242.373 penumpang), Makassar (216.925 penumpang) dan Padang (209.153 penumpang).
AP II saat ini mengelola Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang), Kualanamu (Deli Serdang), Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru), Halim Perdanakusuma (Jakarta), Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang).
Bandara Supadio (Pontianak), Minangkabau (Padang), Sultan Iskandar Muda (Banda Aceh), Raja Haji Fisabilillah (Tanjungpinang), Sultan Thaha (Jambi), Depati Amir (Pangkalpinang), Silangit (Tapanuli Utara).
Kemudian, Kertajati (Majalengka), Banyuwangi (Banyuwangi), Tjilik Riwut (Palangka Raya), Radin Inten II (Lampung), H.A.S Hanandjoeddin (Tanjung Pandan), Fatmawati Soekarno (Bengkulu), Husein Sastranegara (Bandung), serta Jenderal Besar Soedirman (Purbalingga).
(*/Syam)