Selama Semester 1/2023 Jasa Marga Mengantongi Laba Bersih Rp 1,15 T
Kamis, 24 Agustus 2023, 15:43 WIBBISNISNEWS.id - PT Jasa Marga (Persero) Tbk (“Perseroan”) mencatat, sepanjang semester I-2023, berhasil membukukan Laba Bersih sebesar Rp1,15 triliun atau meningkat 56,3 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.
Peningkatan kinerja positif Perseroan juga tercermin dari pencapaian Pendapatan Usaha
sebesar Rp6,98 triliun atau tumbuh 4,9 persen yang merupakan kontribusi dari kinerja Pendapatan Tol
sebesar Rp6,13 triliun yang meningkat 1,0 persen dari Semester I Tahun 2022, serta kontribusi kinerja Pendapatan Usaha Lain sebesar Rp848,92 miliar atau naik 47,2 persen dari periode yang sama di
tahun sebelumnya.
Peningkatan lalu lintas harian rata-rata
(LHR) selama semester I-2023 di jalan tol Jasa Marga Group mencapai 3,23 juta kendaraan setiap harinya atau meningkat sebesar enam persen LHR dibanding periode yang sama tahun lalu.
Hingga semester I 2023, Perseroan masih memegang posisi market leader di industri jalan tol dengan total panjang jalan tol Jasa Marga Group yang telah beroperasi sepanjang 1.260 KM yang merepresentasikan 49 persen jalan tol beroperasi di seluruh Indonesia.
Sementara itu, total konsesi jalan tol yang dimiliki oleh Perseroan di periode yang sama adalah 1.736 KM di seluruh Indonesia.
Jumlah konsesi ini termasuk penambahan konsesi terbaru yang diperoleh Perseroan
yaitu Jalan Tol Akses Patimban sepanjang 37,05 KM yang dikelola oleh PT Jasamarga Akses
Patimban (JAP).
Dalam mengelola proyek jalan tol baru yang ditargetkan selesai secara bertahap pada periode
2022-2025, Jasa Marga berkomitmen untuk mencapai target yang sudah ditetapkan dengan seoptimal mungkin, tetap mengendalikan aktivitas konstruksi jalan tol secara bertahap.
Saat ini, Perseroan memiliki beberapa proyek yang tengah berjalan yaitu, Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan, Jalan Tol Akses Patimban, Jalan Tol Yogyakarta-Bawen, Jalan Tol Solo-YogyakartaNYIA Kulonprogo, dan Jalan Tol Probolinggo-Banyuwang
Di lini usaha lain, Jasa Marga melalui anak usahanya yakni PT Marga Sarana Jabar (MSJ), PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO) dan PT Jasamarga Related Business (JMRB), menjalin.kerja sama dengan PT Olympic Bangun Persada dalam pengembangan koridor jalan tol dan properti di kawasan One Central Business Disrict (OCBD) Bogor.
Kerja sama ini dikukuhkan
dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) oleh PT MSJ, PT JMTO dan
PT JMRB dengan PT Olympic Bangun Persada. Tidak hanya itu, PT JMTO dan PT JMRB juga
berkolaborasi untuk menyerahkan bantuan sekaligus piloting GetPay, yang merupakan produk
ekosistem pembayaran digital, khususnya fitur Point of Sales & Take and Go kepada para pelaku
Usaha Mikro Kecil (UMK) di Kampoeng UMKM Rest Area Travoy Km 88 B Jalan Tol Cipularang.
Fitur ini dapat digunakan oleh para pelaku usaha untuk mempermudah proses pencatatan
pendapatan dan pemesanan secara real time sehingga efektif, hemat, dan dapat memberikan
nilai tambah untuk UMKM.
JMTO juga mendapatkan kesempatan untuk bekerja sama dengan Universitas Katolik
Parahyangan Bandung (UNPAR) dalam mengimplementasikan pengelolaan parkir nirsentuh
berbasis Radio Frequency Identification (RFID) dan didukung dengan Dashboard pelaporan
transaksi dan pendapatan parkir secara real time di Area Kampus UNPAR.
Di kesempatan yang
sama, Jasa Marga juga turut menandatangani MoU dengan UNPAR terkait dengan
pengembangan dan penelitian pada bidang pendidikan serta pengabdian kepada masyarakat.
Jasa Marga juga melanjutkan komitmennya dalam mewujudkan pengusahaan jalan tol yang
andal, aman dan nyaman, berwawasan lingkungan serta berkelanjutan yang dicapai melalui peningkatan predikat Green Toll Road Indonesia.
Kali ini, Jalan Tol Gempol-Pandaan yang
dikelola oleh PT Jasamarga Pandaan Tol (JPT) dapat meningkatkan raihan predikat menjadi Gold, dari sebelumnya predikat Silver. Jasa Marga juga berhasil mempertahankan predikat Gold
untuk Jalan Tol Pandaan-Malang yang dikelola oleh PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM).
Jasa Marga meraih dua predikat Gold untuk dua jalan tol yang dikelolanya tersebut melalui
program Renewal Sertifikasi Green Toll Road Indonesia yang diselenggarakan oleh Green
Product Council Indonesia (GPCI). Sehingga tahun 2023 ini Jasa Marga memiliki tiga ruas tol
tersertifikasi Green Toll Road Indonesia dengan predikat Gold yaitu Jalan Tol Gempol-Pandaan,
Jalan Tol Pandaan-Malang dan Jalan Tol Bali Mandara.
Di awal tahun ini, Jasa Marga kembali berkolaborasi dengan PT Bukit Asam Tbk melalui
perpanjangan Nota Kesepahaman untuk mengembangkan potensi Pembangkit Listrik Tenaga
Surya (PLTS) di jalan tol Jasa Marga Group.
Hal ini juga merupakan wujud kolaborasi BUMN
dalam mendukung upaya pengurangan emisi karbon global, sejalan dengan upaya Pemerintah
untuk mencapai target Net Zero Emission di tahun 2060
Sebagai implementasi program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), Jasa Marga
kembali menggelar edukasi keselamatan berlalu lintas yang bertajuk Safety Riding Bersama
Jasa Marga pada Februari 2023 lalu.
Acara ini dihadiri oleh sekitar 3.000 orang peserta yang
terdiri dari pelajar SMA dan SMK dari Jakarta, Bekasi, generasi muda Jasa Marga, dan tamu
undangan lainnya untuk meningkatkan kesadaran berkendara dengan aman dan selamat.
Selain itu Jasa Marga juga menggelar sejumlah program TJSL lainnya, seperti menggandeng
UMK Mitra Binaan untuk berpartisipasi dalam pameran The 23rd Jakarta International Handicraft
Trade Fair (Inacraft 2023) serta Indonesia Interior and Craft (Icraft 2023).
Jasa Marga juga
menggelar kegiatan bimbingan teknis sertifikasi halal kepada Usaha Mikro Kecil (UMK) Mitra
Binaan, yang bekerja sama dengan Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika
– Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) untuk total 22 tenant UMKM Mitra Binaan di Kampoeng
UMKM Rest Area Km 88B Jalan Tol Cipularang.
Jasa Marga berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang optimal, salah satunya dalam
melayani peningkatan mobilitas masyarakat pada periode Hari Raya Idul Fitri 1444 H lalu.
Komitmen ini ditunjukkan dalam peningkatan kualitas pelayanan operasional yang diberikan oleh
Jasa Marga Group kepada pengguna jalan, salah satunya dengan mengembangkan Intelligent
Transport System (ITS) yang berfungsi mengelola pelayanan lalu lintas jalan tol yang terintegrasi,
sekaligus menjadi sumber pusat informasi lalu lintas melalui super-app Jasamarga Integrated
Digitalmap (JID) yang digunakan di Jasamarga Tollroad Command Center (JMTC) dan dapat
diakses oleh pengguna jalan melalui aplikasi Travoy.
Teknologi ini mendukung Jasa Marga
dalam memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat khususnya pada periode arus mudik.
Jasa Marga berhasil pecahkan dua kali rekor tertinggi dalam melayani arus lalu lintas di
sepanjang Hari Raya Idul Fitri di Indonesia selama ini. (*/syam)