Senin, 21 Mei 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Nasional / / Berita

HARI BUKU
Kamis, 18 Mei 2017 10:10 WIB

Presiden Mendongeng Untuk  Anak Indonesia


"President Joko Widodo di tengah -tengah anak anak sekolah dasar sesaat sebelum mendongeng cerita lutung kasarung di Halaman tengah Istana Kepresidenan.(fhoto:BN/ist

Bisnisnews.id - Sebanyak 503 siswa SD dan SMP duduk bersila di atas karpet hijau yang terhampar di atas rumput. Kehadiran mereka untuk memenuhi undangan Presiden Joko Widodo yang sedang menggelar peringatan Hari Buku Nasional bertemakan 'Gemar Membaca'.

Acara yang dipandu  Najwa Shihab itu menampilkan sejumlah permainan sulap dan pembacaan dongeng .

Tak ketinggalan, Presiden Joko Widodo juga ikut mendongengkan cerita rakyat berjudul 'Lutung Kasarung'. 

"Tadi baru saja saya mendongeng sebuah cerita nusantara mengenai 'Lutung Kasarung' pada anak-anak. Melalui cerita itu, saya hanya ingin menyampaikan bahwa negara ini kaya terhadap cerita-cerita, dongeng-dongeng di setiap daerah ada semuanya," kata Presiden Joko Widodo kepada para jurnalis usai acara.

Mengingat banyaknya cerita Nusantara yang tersebar di setiap daerah di Tanah Air, Kepala Negara pun memerintahkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy untuk terus meningkatkan minat baca anak-anak Indonesia lewat cerita-cerita Nusantara.

"Masih banyak lagi yang perlu dikenalkan kepada anak-anak sehingga minat baca anak ini menjadi lebih baik lagi. Dan saya juga minta kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan agar cerita-cerita Nusantara ini disebarkan, disampaikan kepada anak-anak kita sejak dini," tutur Presiden.

Hal ini dilakukan pemerintah guna menanamkan nilai-nilai budi pekerti kepada anak-anak Indonesia. Apalagi di era keterbukaan saat ini, nilai-nilai kesantunan di Indonesia harus terus dijaga dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

"Nilai-nilai moral, etika, kesantunan, kejujuran, keberanian, itu ada di anak-anak kita karena cerita-cerita yang baik tadi," kata Presiden.

Presiden sendiri menyatakan bahwa dirinya selalu menyempatkan diri untuk membaca di tengah kesibukannya menjalankan tugas pemerintahan. Sejumlah tempat seperti mobil, hingga pesawat menjadi tempat favorit Presiden untuk membaca.

"Selalu waktu luang saya di pesawat, di mobil, saya gunakan untuk membaca," ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Joko Widodo juga memenuhi janjinya untuk menerapkan kebijakan pengiriman buku secara gratis kepada para pegiat minat baca di seluruh Indonesia. Tanggal 17 ditetapkan pemerintah sebagai tanggal di mana pengiriman buku ke pelosok Tanah Air digratiskan. Namun, khusus bulan ini pengiriman tanggal 20 digratiskan karena bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional.(Are)


Baca Juga

 

Arena  -  Senin, 21 Mei 2018
BOLA
Mourinho: Chelsea Juara Piala FA Dengan 9 Pemain Bertahan

Bisnisnews.id – Tumpulnya lini serang Manchester United, dikonfirmasi oleh sang pelatih Jose Mourinho akibat dari hilangnya sosok Romelu Lukaku pada saat pertandingan final Piala FA di Stadion Wembley, (19/5/2018).   “Agak . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Senin, 21 Mei 2018
BOLA
Klopp Dambakan Pertemuan Dengan Zidane

Bisnisnews.id – Pelatih Liverpool Jurgen Klopp mengaku bahwa dirinya sudah tidak sabar menghadapai Real Madrid yang ditukangi Zinedine Zidane dalam final Liga Champions 2017/2018 yang akan diselenggarakan di Stadion Olimpiade . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Senin, 21 Mei 2018
MASKAPAI ASING
Ethopian Terbangi Langit Jakarta Mulai 17 Juli 2018

Bisnisnews.id - Ethiopian Airlines akan meluncurkan layanan tiga kali seminggu ke Jakarta pada 17 Juli. Rute tersebut akan diterbangkan oleh pesawat B787-8 Dreamliner mewakili koneksi pertama antara Afrika dan Indonesia. CEO Ethiopian . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 21 Mei 2018
MUBALIG
Menag Dinilai Salah Langkah Soal 200 Nama Penceramah

Bisnisnews.id - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin didesak segera menarik kembali 200 nama para mubaligh atau peceramah yang telah dirlisnya beberapa waktu lalu. Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais, . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Senin, 21 Mei 2018
INFRASTRUKTUR
Pemerintah Akan Genjot Pengembangan Potensi Wisata di Padang

Bisnisnews.id - Pemerintah mendorong, seluruh potensi pariwisata di Sumatera Barat atau padang harus dikembangkan, seiring perbaikan infrastruktur di kota itu dalam menunjang kelacaran logistik dan perekonomian masyarakat. Terkait . . .
Selengkapnya