Rabu, 26 Juli 2017

Home/ Nasional / Hankam / Berita

Rabu, 24 Mei 2017 13:37 WIB

Pemerintahan Asia Tenggara Adakan Pertemuan Internasional Kontra Terorisme 


Indonesia mengadakan pertemuan internasional dalam upaya mengatasi masalah terorisme pada 10 Agustus 2016 di Bali. (photo: The Straits Times)

Bisnisnews.id - Pemerintah Asia Tenggara dan Pasifik akan mengadakan pertemuan koordinasi pada bulan Agustus, melawan ancaman keamanan oleh militan ISIS yang kembali ke tanah air dari medan perang Suriah dan Irak, pejabat Australia mengatakan pada hari Rabu.

Jaksa Agung, George Brandis mengatakan bahwa dia akan menjadi koordinator pertemuan puncak di Kota Manado, Indonesia, pada minggu terakhir bulan Agustus yang juga akan dihadiri oleh Malaysia, Filipina dan Selandia Baru. Yang lainnya adalah Wiranto, Menteri Koordinator urusan Politik, Hukum dan Keamanan Indonesia 

"Fokus pertemuan perdana menteri regional mengenai kontra terorisme adalah kembalinya pejuang militan," Brandis mengatakan kepada komite Senat.

"Ini adalah masalah yang menjadi perhatian terbesar kepala menteri keamanan pemerintah dan negara-negara di wilayah tersebut dalam hal kontra terorisme," tambahnya, dikutip dari The Associated Press.

Ratusan militan kembali ke rumah mereka di kawasan Asia Pasifik karena ISIS kehilangan tanah di Suriah dan Irak. Pejabat khawatir bahwa mereka akan terus merencanakan pembunuhan di tanah air.

Brandis mengatakan, pejabat keamanan sekaligus pemimpin politik akan menghadiri pertemuan puncak tersebut untuk membantu membangun kerja sama operasional di wilayah tersebut.

Indonesia telah menyelenggarakan KTT kontraterorisme di masa lalu, termasuk pertemuan 20 negara di pulau resor Bali pada bulan Agustus tahun lalu.

Brandis, yang bertanggung jawab atas badan mata-mata utama Australia, terbang ke Washington pada bulan Maret untuk melakukan pembicaraan kontraterorisme dengan pejabat senior pemerintahan Presiden Donald Trump, termasuk direktur FBI James Comey, yang dipecat bulan ini.

"Perubahan administrasi di Amerika Serikat sama sekali tidak ada bedanya dengan kesiapan Amerika, khususnya berbagi informasi melalui intelijen komunitas Five Eyes dengan Australia," kata Brandis, mengacu pada jaringan intelijen lima negara yang juga mencakup Inggris, Kanada dan Selandia Baru. (marloft)


Baca Juga

 

Nasional  -  Rabu, 26 Juli 2017
IKLIM INVESTASI
Bank Dunia Minta Pemerintah Kurangi Hak Istimewa BUMN 

Bisnisnews.id - Bank Dunia meminta Indonesia memperbaiki iklim investasinya untuk menarik lebih banyak investasi ke dalam pembangunan infrastruktur. Saran yang diberikan bagi pemerintah cukup banyak, salah satunya adalah mengurangi . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Rabu, 26 Juli 2017
INDUSTRIAL
Regulator dan Pengguna Jasa Gelisah Hadapi Rencana Aksi Mogok SP JICT

Bisnisnews.id-Ancaman mogok massal para pekerja pelabuhan di Tanjung Priok yang diinisiasi Serikat Pekerja Jakarta International Countainer terminal (SP-JICT) membuat gundah para pelaku usaha dan pemerintah. Pasalnya, bila benar . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Rabu, 26 Juli 2017
NILAI TUKAR
Rupiah Makin Tersudut di Level 13. 322 dan Resisten 13.297

Bisnisnews.id-Nilai tukar Rupiah makin tersudut dengan terus menguatnya dolar AS. Prgerakan nilai tukar Rupiah diperkirakan berada pada level support 13.322 dan resisten 13.297. Walau terlihat masih lebih baik dari sebelumnya, . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Rabu, 26 Juli 2017
ASIAN GAMES 2018
 Komisi X  DPR RI Tetap Minta INASGOC Transparan

Bisnisnews.id - Komisi X DPR-RI menyetujui usulan anggaran dana triwulan kedua sebesar Rp1,5 triliun yang diajukan panitia pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC) untuk persiapan penyelenggaraan Asian Games Jakarta-Palembang 2018. "Ya, . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Rabu, 26 Juli 2017
KERJA SAMA
Indonesia Tuan Rumah Konferensi Menteri Pendidikan Se-Asia Tenggara

49th SEAMEO Council Conference membahas tujuh prioritas bidang pendidikan Bisnisnews.id – Kemendikbud Indonesia menjadi tuan rumah dalam Konferensi Tingkat Menteri Pendidikan Asia Tenggara ke-49 atau 49th SEAMEO Council . . .
Selengkapnya