JELANG LEBARAN
Mentan dan Mendag Blusukan Pasar


Bisnisnews.id- Jelang lebaran, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dan Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat  Sabtu (17/6/2017) blusukan ke sejumlah pasar. Ketiga pejabat negara itu masuk pasar untuk memastikan harga sembako stabil.

Lokasi pertama yabg dikunjungi ialah Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC), Jakarta. Ketiganya datang dan didampingi perwakilan Bulog dan beberapa BUMD DKI Jakarta seperti PD Pasar Jaya dan Darmajaya.

Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengatakan stok sembako aman samoai lebaran dan bisa dikendalikan. Stok beras di Cipinang 39.767 ton. Batas amannya di atas 30 ribu ton.

"Cadangan beras di food station terbilang aman. Alhamdulillah bulan puasa tahun ini harga kebutuhan bahan pokok relatif stabil," kata Djarot Saiful Hidayat di Food Station Cipinang.

 Demikian juga stok gula pasir sebesar 432 ton dan minyak goreng 422 ribu liter. Menurut dia, kestabilan harga komoditas pada tahun 2017 terjadi atas sinergi dari Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan dan sejumlah BUMD pasar induk.

Pemerintah tidak ingin harga produk-produk pertanian jatuh di bawah harga acuan, seperti harga cabai keriting dan bawang merah yang turun terlalu tajam.

 Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menilai DKI Jakarta menjadi barometer terhadap kestabilan harga di kota dan kabupaten lain.

"Melihat kondisi di DKI Jakarta, begitu terjadi kekurangan akan ada gejolak di daerah lain. Beras, gula, bawang indikatornya sangat dilihat dan ditentukan dari pasar induk. Peranan 'food station' memang luar biasa dalam keseimbangan ini,"kata Menteri Enggar.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menjamin ketersediaan beras cukup aman hingga Januari 2018. Namun ia meminta agar Bulog menyerap cabai merah keriting dan bawang merah yang turun terlalu tajam agar petani tidak dirugikan.

"Pesan kami cabai harus diserap. Cabai di daerah Sumatera harganya ada Rp2.000. Ini menyedihkan di saat harga cabai naik Rp100 ribu. Bawang merah harganya di Brebes Rp11 ribu. Kalo tidak diantisipasi, dampaknya akan terjadi tahun depan," jelasnya. (Adhitio)

 

0 COMMENTS

Leave a Comment

Masuk Dengan Sosial Media




Comments

Video +

Regulasi +