Minggu, 17 Desember 2017

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Internasional / / Berita

UNI EROPA
Senin, 19 Juni 2017 16:42 WIB

Tertunda Lama, Negosiasi Brexit Akhirnya Dimulai


Anggota protokol mengubah bendera Uni Eropa dan Inggris sebelum kedatangan Negosiator Brexit Michel Barnier dan Menlu Inggris David Davis di markas besar Uni Eropa, Brussels, 19 Juni 2017. (AP Photo/Virginia Mayo)

Bisnisnews.id - Setelah hampir setahun, akhirnya Inggris pada hari Senin 19 juni 2016 membuka negosiasi dengan Uni Eropa (UE) tentang rencana meninggalkan blok tersebut yang dijadwalkan pada 2019, yng hasil akhirnya tidak dapat diprediksi.

Tim perunding UE yang dipimpin oleh Michel Barnier telah siap berbulan-bulan, Inggris sempat terhenti prosesnya dua tahun pada 29 Maret. Pada pemilihan awal bulan ini, di mana Perdana Menteri Theresa May kehilangan mayoritas malah menambahkan masalah.

"Masalah besar kami adalah kami tidak memiliki gambaran, tidak tahu sama sekali apa yang Inggris inginkan," kata Manfred Weber dari Jerman, ketua kelompok EPP dari Demokrat. "Negara-negara Uni Eropa lainnya bersatu, namun Inggris dalam kekacauan," katanya dikutip dari Associated Press.

Pemerintah May menyatakan bahwa pihaknya yakin dapat mencapai kesepakatan untuk kepentingan seluruh Inggris." Uni Eropa mengatakan bahwa pihaknya juga mencari kompromi terbaik.

Menteri Luar Negeri Austria, Sebastian Kurz mengatakan, "Jika kita tidak berhasil, kedua belah pihak akan kalah."

Negosiator Inggris, David Davis dan dari Uni Eropa, Barnier memiliki satu isu penting selama minggu-minggu pertama perundingan yaitu membangun kepercayaan setelah berbulan-bulan tawar menawar mengenai jumlah tagihan akhir yang harus dibayar Inggris untuk bisa keluar EU

Setelah referendum 23 Juni 2016 untuk meninggalkan EU, 27 negara lainnya juga ingin memulai perundingan keluar sesegera mungkin sehingga mereka bisa bekerja untuk masa depan mereka sendiri, namun Inggris tampak linglung oleh langkahnya sendiri. Citra Inggris menjadi disfungsional saat berhadapan dengan negosiator UE yang jauh lebih siap.

Namun, Menteri Luar Negeri Inggris Boris Johnson tetap optimis hari ini dan berpikir bahwa perundingan Brexit akan menghasilkan sebuah resolusi dengan keuntungan dan kehormatan bagi kedua belah pihak.

Johnson meminta orang untuk melihat masa depan lebih jauh. Pada pertemuan para menteri luar negeri Uni Eropa di Luksemburg dia berkata, "Dalam jangka panjang, ini akan bagus untuk Inggris dan bagus untuk seluruh Eropa." (marloft)


Baca Juga

 

Arena  -  Sabtu, 16 Desember 2017
TENIS
Anthony Susanto Raih Dua Kemenangan Penting

Bisnisnews.id - Petenis Jawa Timur, Anthony Susanto (20 tahun) menorehkan dua kemenangan penting di hari kedua Seleknas Piala Davis, Sabtu (16/12/2017). Peraih tiga medali emas PON 2016 itu menang atas dua rival beratnya, Arief . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Sabtu, 16 Desember 2017
SEPAKBOLA
Tim Pelajar U-16 Tahan Imbang Timnas Timor Leste U-16

Bisnisnews.id - Tim Pelajar Indonesia  U-16 mengakhiri tur uji cobanya di Nusa Tenggara Timur (NTT).  Pada laga terakhir di Lapangan Bintang Timur Academy, Kabupaten Belu, Atambua, dalam rangka pertandingan sepakbola . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Sabtu, 16 Desember 2017
TEST EVENT
CIMB Niaga Indonesia Open Aquatik 2017 Resmi Berakhir

Bisnisnews.id - Cimb Niaga Indonesia Open Aquatik Championship 2017 sekaligus menjadi ajang test event Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) secara resmi telah usai. Memperlombakan empat cabang olahraga yaitu, renang, polo . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Sabtu, 16 Desember 2017
ASIAN PARA GAMES 2018
Promosi Internasional Asian Para Games 2018 Di Atambua

Bisnisnews.id - Panitia penyelenggara Asian Para Games 2018 (INAPGOC) terus mensosialisasikan pesta olahraga empat tahunan negara-negara se-Asia bagi atlet penyandang disabilitas yang akan berlangsung di Jakarta pada 6 hingga . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Sabtu, 16 Desember 2017
RENANG
Raih Poin Tertinggi, Millenium Aquatic Jakarta Terbaik di Indonesia Open Aquatic Championship 2017

Bisnisnews.id - Klub Millenium Aquatic Jakarta meraih gelar tim terbaik pada Test Event Road To Asian Games 2018 bertajuk CIMB Niaga Indonesia Open Aquatic Championship 2017 yang berakhir di New Aquatic Stadium GBK Jakarta, Jumat . . .
Selengkapnya